Pelatihan bagi UMKM Bangka Belitung; Kecakapan Membangun Citra Produk
Pelatihan bagi UMKM di Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diberi pelatihan oleh pemprov untuk meningkatkan kecakapan dalam membangun citra produk supaya berdaya saing.

"Pola pengemasan dan legalitas masih menjadi tantangan yang harus diselesaikan bersama agar berbagai produk UMKM Babel yang sebenarnya berkualitas tetapi kurang diminati konsumen," kata Kepala Seksi Pelayanan Teknis Rumah Promosi dan Kemasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zaldy di Pangkalpinang, Jumat.

Menurut dia, tampilan kemasan yang higienis, desain unik dan menarik menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan karena akan menarik perhatian konsumen dan mendorong untuk membeli produk yang ditawarkan.

Selain itu, pemenuhan terhadap legalitas produk, seperti halnya, kelayakan standar sertifikasi halal juga menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli suatu produk.

Berbagai informasi terkait produk yang ditampilkan dalam kemasan juga menjadi pendukung untuk memberikan gambaran kepada konsumen terkait produk yang akan dibeli.

"Para pelaku UMKM perlu mengetahui berbagai informasi yang perlu disertakan dalam kemasan, termasuk legalitas usaha dan izin produk tersebut," ujarnya.

Pemprov Babel melalui UPTD Rumah Promosi dan Kemasan secara rutin memberikan edukasi, sosialisasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM. Terakhir digelar di Desa Penyamun, Kabupaten Bangka dengan melibatkan pelaku UMKM dari Kelompok Wanita Tani (KWT), PKK dan ibu rumah tangga.

Pemprov Bangka Belitung Beri Pelatihan untuk UMKM

Pada kegiatan yang diikuti sebanyak 25 orang pelaku usaha tersebut diberikan materi pelatihan pemahaman tentang kemasan umum dan legalitas produk.

"Rumah Promosi dan Kemasan Babel selain membina pelaku UMKM juga siap melayani konsultasi, penyediaan desain, promosi dan produksi, yang bertujuan untuk mengembangkan daya saing produk lokal," katanya.

Menurut Zaldy, selama ini yang menjadi kebutuhan masyarakat di desa-desa adalah penyampaian informasi terkait pengemasan, karena kemasan merupakan faktor penentu dimana calon konsumen akan tertarik terhadap produk yang akan dibeli.

Produk UMKM Unggulan Bangka Belitung yang Menawarkan Kearifan Lokal

Melalui kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Desa Penyamun, diharapkan mampu mewujudkan pembinaan terhadap produk unggulan berbasis kearifan lokal dan juga dapat memberikan pemahaman tentang kemasan umum dan legalitas produk.

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk bersama-sama menumbuhkan kewirausahaan dan mengasah kreativitas agar mampu membangkitkan semangat dalam memunculkan produk unggulan yang ada di wilayah masing-masing.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.