Pemprov Babel Jalin Kerja Sama Perdagangan dengan Jatim, Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Kerja sama perdagangan Babel dengan Jatim (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kerja sama perdagangan dilakukan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dengan Jawa Timur guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di dua provinsi.

"Jika ini kerja sama berjalan baik, maka ini dapat meningkatkan transaksi dan ekonomi masyarakat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto saat penandatangan kerja sama perdagangan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Pangkalpinang, Babel, Selasa.

Ia mengatakan kerja sama di bidang perdagangan antarkedua provinsi ini, mengemban misi untuk meningkatkan perekonomian, karena semakin luas misi dagang yang terjalin, maka semakin meningkat pula ekonomi di kedua provinsi tersebut.

"Semakin banyak misi dagang yang terjalin, ini akan meningkatkan kemakmuran masyarakat," ujarnya.

Strategi Perdagangan UMKM

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan strategi perdagangan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak harus dipaksakan untuk dijual ke luar negeri, tetapi akan dilakukan antarprovinsi.

"Penduduk Indonesia cukup banyak untuk jadi sasaran pemasaran produk UMKM ini," ujarnya.

Hubungan Perdagangan Bangka Belitung dengan Jawa Timur

Ia berharap misi yang dibangun ini nantinya bisa memperkuat konektivitas dan mendorong perdagangan di masing-masing provinsi dengan keunggulan dan potensi yang dimiliki, dan menumbuhkan kehadiran pembeli dan pedagang untuk memasarkan potensi daerah masing-masing.

"Semua sudah kita lakukan hampir 30 provinsi. Ini program disperindag, program dari pulau ke pulau, dari provinsi ke provinsi," ujar Khofifah.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.