Pemprov Babel Kembangkan PPI Batu Rusa Menjadi Lebih Modern dan Destinasi Wisata
Pelabuhan Ikan Bangka Belitung (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Batu Rusa Pangkalpinang dikembangkan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung menjadi PPI modern dan destinasi wisata baru. Langkah tersebut diambil guna meningkatkan perekonomian masyarakat daerah.

"Saat ini pengerjaan pengembangan sarana prasarana di PPI ini sudah dimulai dan ditargetkan tahun depan tuntas," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan proyek pembangunan tahap pertama dimulai pada Agustus tahun ini dimulai dari tempat pelelangan dan kios pedagang, sedangkan pada tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan gedung utama yang akan dipergunakan untuk perkantoran dan sarana mall berkonsep pariwisata.

"Nanti PPI Batu Rusa ini akan ada kafe dengan view langsung Jembatan Emas yang merupakan jembatan sistem buka tutup atau bascule yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka," ujarnya.

Pembangunan PPI Muara Sungai Baturusa untuk Tingkatkan Pelayanan Bidang Perikanan

Ia berharap jika pembangunan PPI Muara Sungai Baturusa  rampung, seluruh masyarakat dapat menjaga bersama bangunan yang akan menjadi kebanggaan Babel sebagai wilayah kepulauan.

Selain itu, pelabuhan perikanan ini akan menjadikan pelayanan di bidang perikanan lebih baik.

"Kita sebagai provinsi kepulauan kalau PPI-nya biasa-biasa saja itu tidak biasa. Oleh karena itu, kita harus bangun menjadi PPI yang luar biasa untuk meningkatkan sektor perikanan, pariwisata, dan ekonomi masyarakat daerah ini," katanya.

Pembangunan Pelabuhan Perikanan Bangka Belitung Diharapkan Memulihkan Ekonomi

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel Mashuri menyebutkan jika pembangunan pelabuhan perikanan pantai ini berdiri di atas lahan seluas 5,2 hektare, dengan tersedia fasilitas tempat pelelangan ikan higienis, sarana pelayanan nelayan (perkantoran), jalan dan area parkir, 96 unit fasilitas bisnis berupa kios/tempat usaha dan sentra kuliner, instalasi air bersih dan pengolahan air limbah, serta bangunan penunjang lainnya.

"PPI ini berkonsep pariwisata, untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, penciptaan dan penyerapan tenaga kerja di daerah, serta manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat umum maupun sekitarnya," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.