Perayaan HUT Provinsi Sumatera Selaan yang ke-76, Inilah Harapan Gubernur Herman Deru
Rapat paripurna DPRD Provinsi Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan, menaruh harapan besar pada saat merayakan hari jadi atau HUT Sumsel yang ke-76 pada tahun ini. Ia berharap tahun ini menjadi momentum bangunnya seluruh sektor kehidupan di daerah pasca-COVID-19.

Herman Deru menyampaikan pernyataan tersebut saat rapat paripurna DPRD Provinsi dalam rangka menyusul HUT ke-76 Provinsi Sumsel di Dinning Hall Jakabaring Sport City, Palembang, Selasa.

"Momentum untuk introspeksi dan karya apa saja yang perlu diperbaiki, percepat apa yang selama ini masih terasa karena pembangunan lambat pasca-COVID-19 dua tahun belakangan bahkan hampir seluruh dunia mengalami stagnasi dan kontraksi ekonomi," kata dia mengusulkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) Sumsel itu.

Ia optimistis ke depan Sumsel akan menjadi daerah yang mengalami kemajuan pembangunan sosial-ekonomi secara pesat dengan status nol konflik.

Kemajuan Sumsel bermodalkan adanya solidaritas antara pemerintah-legislatif, TNI/Polri yang menghargai oleh terbinanya kerukunan antarmasyarakat di setiap 17 kabupaten dan kota yang ada di daerah itu.

"Semua berkat kerja sama semua pelaku pembangunan, kinerja pembangunan Sumsel tetap terjaga dengan baik," kata dia, memastikan pemerintah terus berupaya mengutamakan program dan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Sumsel dinyatakan sebagai salah satu provinsi dengan tingkat pertumbuhan sosial ekonomi terbaik nasional khususnya skala Sumatera selama pandemi COVID-19 yang dirilis tahun 2021. 

Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Sumsel

Adapun indikator sebesarnya, kata dia, angka-angka lantai terbuka sumsel pada 2021 4,98 persen atau menurun 0,53 poin yang jauh lebih baik dari nasional 6,49 persen. Tingkat inflasi Sumatera Selatan dapat terjaga dalam kondisi stabil yaitu 1,82 persen, lebih rendah dari nasional 1,87 persen. 

Selanjutnya Gini rasio Sumsel menunjukkan angka juga angka 0,341 yang lebih baik dari nasional sebesar 0,381.

"Pertumbuhan ekonomi kita tahun 2021 meningkat tajam sebesar 3,49 poin dibanding 2020 yang minus 0,11 persen menjadi 3,58 persen pada 2021. Angka ini merupakan angka tertinggi nomor tiga di Sumatera," katanya.

Peserta yang Hadir dalam Rapat Paripurna HUT ke-76 Sumsel

Pada rapat paripurna HUT ke-76 Sumsel turut dihadiri Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Fatoni, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Brigjen Pol Yudhiawan Wibisono, Gubernur Sumsel periode 2003-2008 Syahrial Oesman, Wakil Gubernur Provinsi Lampung Hj. Chusnunia Challim, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman.

Selanjutnya, jajaran Forkompimda Sumsel, Ketua DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, Kejaksaan Tinggi Sumsel Muhammad Naim, serta Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.