Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Tingkatkan SDM dan Sarana
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan saat memberikan semangat kepada jajaran Bawaslu Pasaman Barat dan Pasaman/Foto: Antara

Bagikan:

PALEMBANG - Persiapan diri dilakukan oleh jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024 yang kemungkinan dilaksanakan pada Juni 2022 ini.

Abhan, Ketua Bawaslu, mengatakan Bawaslu di kabupaten/kota seluruh Indonesia harus meningkatkan koordinasi bersinergi dengan pemerintah setempat dalam rangka mempersiapkan tahapan pemilu ini.

"Jika tidak ada perubahan dan pemerintah dengan DPR sudah sepakat pemilu dilaksanakan pada 24 Februari 2024 maka tahapan diperkirakan dimulai pada 15 Juni 2022 ini," katanya di Simpang Empat, Kamis 24 Maret.

Selain mempersiapkan Sumber Daya Manusia dari Aparatur Sipil Negara (ASN), juga sarana prasarana harus dikoordinasikan sehingga tahapan Pemilu akan berjalan dengan baik nantinya.

"Termasuk masalah anggaran pilkada nantinya harus lebih dikoordinasikan mulai saat ini," katanya dikutip Antara.

Persiapan SDM Bawaslu Menghadapi Tahapan Pemilu 2024

Ia menilai persiapan SDM Bawaslu perlu ditingkatkan dan konsolidasi internal harus segera dilakukan karena tahapan yang akan dijalankan nanti tidak hanya komisioner saja tetapi harus didukung oleh tenaga sekretariat yang kuat.

"SDM tenaga yang ada harus disiapkan sebelum tahapan dimulai karena ketika tahapan sudah jalan maka persoalan akan muncul," sebutnya.

Selain persiapan SDM, kelengkapan sarana prasarana juga harus diperhatikan.

Persiapan Bawaslu Tingkat Darah Mengadapi Tahapan Pemilu 2024

Untuk itu, katanya Bawaslu di kabupaten/kota harus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah setempat mengenai sarana prasarana pendukung itu.

Khusus untuk Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman yang daerahnya terdampak bencana gempa tidak ada masalah dan sudah siap menjalankan tahapan yang ada.

"Saya datang ke Pasaman Barat selain memberikan bantuan terhadap korban gempa juga memberikan semangat dan melihat persiapan menghadapi Pemilu. Mereka sudah siap namun ada beberapa hal yang harus dilengkapi," sebutnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.