Bawaslu Sumsel Siap Kawal Pemilu 2024, Bersinergi dengan Polda Demi Kelancaraan Pelaksanaan
Bawaslu bersama Polda Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengawalan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 disiapkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan bersinergi dengan jajaran Polda setempat. Langkah tersebut dilakukan agar pelaksanaan pemilu dapat berlangsung lancar tanpa pelanggaran yang bisa mencoreng pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu.

Iin Irwanto, Ketua Bawaslu Sumsel, berpendapat dengan pertemuan tersebut diharapkan masukan dari Kapolda sebagai nakhoda bagi para peserta dalam bekerja terutama dalam penegakan hukum.

"Sinergi yang terjalin dengan baik antara Bawaslu dengan Polda Sumsel perlu menghadapi pemilihan presiden, legislatif, dan kepala daerah pada tahun 2024 diprediksi timbul permasalahan yang kompleks," kata Iin Irwanto ketika melakukan audiensi dengan Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto, di Mapolda Palembang, Rabu.

Kepolisan Beperan Aktif Mengawal Pemilu 2024

Dalam pelaksanaan pemilu selama ini Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Polda telah mendapatkan apresiasi besar dari Bawaslu pusat karena prestasi dan inovasi dan kemitraan terjalin dengan sangat baik.

"Kapaian prestasi itu tidak lepas dari peran aktif kepolisian, untuk menghadapi Pemilu 2024, kami berharap kepada Kapolda dan jajaran agar sinergi yang baik selama ini terus berjalan dan pelayanan," ujar Iin.

Tugas Bawaslu dalam Mengawal Pelaksanaan Pemilu

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto Disertai Dirintelkam Kombes Pol Iskandar F Sutisna mengatakan memahami bagaimana posisi tugas Bawaslu dalam mengawal demokrasi.

Tugas Bawaslu pertama melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu dalam rangka pencegahan dan pelanggaran selama proses pesta demokrasi lima tahun itu.

Kedua, menerima dan mengkaji laporan mengenai dugaan pelanggaran administrasi pemilu dan dugaan pelanggaran pidana pemilu.

"Saya paham betul bagaimana posisi tugas Bawaslu dalam hal mengawal pemilu agar tidak terjadi pelanggaran administrasi dan pidana," ujar Kapolda Irjen Pol.Toni.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.