Bencana La Nina Mengancam; BPBD Babel Intensifkan Preventif Proaktif Kebencanaan
BPBD Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Tindakan preventif proaktif kebencanaan ditingkatkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengantisipasi dampak bencana alam selama fenomena La Nina.

"Kita selama ini hanya berfikir penanganan bencana di saat terjadi banjir, angin kencang, puting beliung, longsor dan lainnya yang menimbulkan kerugian materil, korban cukup banyak," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Kegiatan Preventif Proaktif dapat Mengurangi Risiko Bencana

Ia mengatakan dalam mengurangi resiko dan dampak bencana ini, BPBD mengubah penanganan kebencanaan ini menjadi preventif proaktif yaitu mengoptimalkan kesiapsiagaan petugas, sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka lebih waspada dan aktif mengurangi risiko bencana seperti membersihkan sampah di saluran air, menebang pohon tinggi di halaman rumahnya dan lainnya.

"Ini salah satu upaya kita untuk mengurangi risiko dampak bencana alam ini seperti kerugian materil, korban luka-luka dan jiwa," ujarnya.

Menurut dia selama ini BPBD lebih terfokus penanganan saat terjadi bencana dan pasca bencana. Sementara kegiatan prabencana atau preventif proaktif masih kurang optimal.

"Saat ini lebih menggencarkan sosialisasi kebencanaan ini kepada masyarakat dan mensiagakan 500 personel tim reaksi cepat dalam mengurangi risiko bencana ini," katanya.

BPBD Babel Lakukan Kegiatan Sosialisasi Bencana Antisipasi Dampak La Nina

Ia menambahkan kegiatan sosialisasi kebencanaan kali ini lebih difokuskan kepada pelajar SMA, SMK dan sederajat, karena mereka lebih banyak waktu untuk menyebarluaskan informasi kebencanaan ini kepada masyarakat luas.

"Kita lebih fokus kepada pelajar dibandingkan masyarakat pekerja yang waktu kesehariannya sibuk bekerja, sehingga sosialisasi kebencanaan ini kurang tersampaikan kepada masyarakat luas," katanya. 

Ikuti teris berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.