BPBD Babel Beri Pelatihan Mitigasi Bencana kepada Para Siswa Antisipasi Dampak Bencana La Nina
Pelatihan mitigasi bencan BPBD Babel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelatihan mitigasi bencanan diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepada para siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk anak-anak menjadi agen dalam menangani bencana untuk mencegah kerusakan dan korban akibat bencana alam.

"Kegiatan pelatihan ini untuk lebih mengenalkan kebencanaan kepada pelajar," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa saat membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan mitigasi kebencanaan di Pangkalpinang, Kamis.

Pelatihan Mitigasi Bencana BPBD Bangka Belitung untuk Pelajar SMA Sederajat

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan mitigasi kebencanaan ini lebih difokuskan kepada para pelajar SMA, SMK dan sederajat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar mereka bisa menjelaskan kebencanaan dampak dari fenomena La Nina diperkirakan terjadi pada November, Desember 2021 hingga Februari 2022.

Selain itu, para pelajar ini juga dibekali dalam pencegahan penularan COVID-19 kepada masyarakat di negeri serumpun sebalai ini.

"Kita ingin para pelajar ini menjadi agen perubahan BPBD di masyarakat dalam rangka penanganan dan menimalisir dampak banjir, angin puting beliung, longsor, kecelakaan di laut dan lainnya," ujarnya.

Pelajar Menjadi Kelompok Masyarakat yang Bisa Diandalkan dalam Mitigasi Bencana

Menurut dia para pelajar ini lebih banyak waktu dalam menyosialisasikan kebencanaan kepada masyarakat selama musim hujan ekstrim ini.

"Pelajar lebih banyak waktu dibandingkan masyarakat bekerja yang sibuk bekerja untuk menyosialisasikan kebencanaan ini kepada lingkungannya, keluarga, kerabat dan teman-temannya," katanya.

Ia menambahkan selama ini waktu keseharian para pelajar lebih di rumah, berkumpul dengan orang-orang, sehingga mereka dapat menyosialisasi dan menjelaskan dalam penanganan bencana alam ini.

"Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan kebencanaan pelajar, sehingga mereka dapat menjelaskan kepada masyarakat dalam mewaspadai bencana alam ini," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.