5 Metode Diet Paling Aman dan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan, Sudahkah Melakukannya?
Ilustrasi makanan diet (Alexander Mils/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada berbagai macam metode dalam melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh ideal. Mau yang ekstrem ada, yang santai tapi pasti juga ada. Perbedaannya biasa dari pemilihan menu makanan, waktu makan, dan aneka pantangan yang harus diikuti. 

Kalau Anda malas ribet dan tidak suka ada pantangan jenis makanan tertentu, bisa coba lima trik berikut ini. 

Fokus pada pengurangan kalori 

Daripada pusing dengan pantangan makanan, lebih baik fokus saja pada takaran kalorinya. Sebelumnya, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian Anda dan menguranginya sekitar 500-an. Kurang lebih bisa konsumsi 1000-1500 kalori per hari. 

Dari perhitungan itu, Anda memilih makanan apa aja yang penting tidak melebihi batas. Mau makan nasi putih, mie, roti, gorengan, junk food, sebenarnya bisa saja. Misalnya, seminggu sekali atau dua kali sebulan boleh kok jajan pizza atau makan mie instan. 

Tapi demi tubuh lebih sehat , sebaiknya perbanyak makanan yang lebih sehat seperti sayur dan buah, makanan rendah lemak, karbohidrat kompleks, serta kurangi garam dan gula. 

Perbanyak makan sayur dan buah

Selama diet, Anda bisa perbanyak makan sayur dan buah. Pokoknya, tiap hari harus ada sayur dan buah. Bebas mau diolah seperti apa. Untuk sayuran, bisa disajikan, tumis, bikin sup atau salad. Untuk buah-buahan, bisa langsung dimakan, jus tanpa gula, atau salad dibikin dengan tambahan yoghurt. 

Minum air putih

Sepele tapi penting, jangan lupa minum air putih minimal 2 liter sehari selama diet. Malah, Anda juga tidak bisa minum minuman berkalori seperti teh manis, es kopi susu, boba, soda, dan teman-temannya. Jadi sehari-hari cuma minum air putih. Boleh juga diselingi teh atau kopi tanpa gula biar tidak bosan. 

Selain menghilangkan dahaga, minum air putih juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Air putih ini tidak mengandung kalori sehingga diminum banyak pun tak akan menjadikan Anda gemuk. Plus, dengan cukup minum air, tubuh jadi selalu terhidrasi dengan baik dan tidak membuat Anda mudah lapar palsu karena haus.

Kurangi konsumsi gula dan garam 

Makanan manis dan asin jika dikonsumsi berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Saat sedang diet, Anda bisa mengurangi masakan yang asin dan manis. Tetap boleh masak dengan gula dan garam, hanya saja batas penggunaannya.

Kandungan sodium dalam garam bisa membuat proses metabolisme lemak dalam tubuh jadi lebih lambat. Kalau ingin bikin makanan asin dan lebih sehat, bisa pilih garam laut yang sodiumnya lebih rendah.

Olahraga

Demi tubuh ramping ideal, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin. Bisa mulai rajin-rajin jalan kaki, jogging, sepedaan, berenang, dan latihan lain yang Anda suka. Anda bisa sisihkan waktu untuk bergerak, setidaknya 30 menit setiap hari.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .