Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menjalani Diet Makanan, Jarang Disadari!
Ilustrasi Diet (Foto: Shutterstock)

Bagikan:

PALEMBANG- Memperhatikan kondisi tubuh wajib dilakukan bagi orang yang sedang menjalani diet atau mengatur pola makan. Selain itu, sebaiknya anda meminta pendampingan ahli gizi . CEO dan pendiri dari lightHOUSE dr. Grace Judio menjelaskan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan seseorang saat menjalani program diet adalah tidak memahami diet secara tepat.

"Kalau melihat dari pasien secara umum, sebenarnya lebih ke arah dia mendapatkan informasi dari Google. Jadi dia search lha ya. Dan informasi itu 1001 banyak, dia juga tidak tahu apa yang tepat untuk dirinya," ungkap Grace dikutip dari ANTARA, Sabtu, 18 Desember. 

Jadi misalnya ini sehat, tapi sehat belum tentu membantu menurunkan berat badan. Kemudian ada juga istilah seperti gluten free, dia kira itu bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Padahal tidak," sambungnya.

Daftar Keselahan yang Sering Dilakukan Saat Diet

Lebih lanjut, Grace juga menjelaskan bahwa seseorang sering langsung mengikuti diet orang lain yang berhasil menurunkan berat badan. Padahal, pola diet dari setiap orang tidaklah sama. Oleh sebab itu, wajar jika sebuah metode diet cocok untuk seseorang namun tidak berhasil untuk diri sendiri.

Tak hanya itu, Grace juga menjelaskan bahwa selain kesalahan saat melakukan program diet, ada pula beberapa kecenderungan yang banyak dialami. Misalnya saja seperti bulimia yang dengan sengaja memuntahkan makanannya karena merasa bersalah setelah mengonsumsi makanan.

"Selain itu ada tendensi juga. Yang paling banyak adalah tendensi makan yang tidak teratur. Kalau yang berat kita bisa langsung tahu dan menanganinya super khusus. Misalnya seperti bulimia," kata Grace.

Diet Sehat Sesuai Tubuh Masing-masing

Oleh karena itu, Grace menyarankan untuk tidak melakukan program  diet . Untuk melakukan diet yang sehat dan sesuai dengan tubuh masing-masing, sebaiknya terlebih dahulu dari ahli gizi hingga psikologi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .