6 Kebiasaan sebelum Tidur Berikut Ini Perlu Dilakukan Jika ingin Langsing
Ilustrasi jam di kamar tidur (Unsplash/Benjamin Voros)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada banyak cara atau metode yang bisa dilakukan guna menurunkan berat badan. Namun, cara tersebut bisa gagal sebab tak konsisten melakukannya. Oleh karena itu diperlukan kebiasaan sederhana dan dilakukan secara rutin agar tubuh langsing.

Bagi Anda yang ingin menjalani program diet penurunan berat badan, akan efektif jika dibarengi dengan tips kebiasaan sederhana dan sehat seperti di bawah ini.

Mengatur jam makan malam

Jam makan terlampau dekat dapat memicu berbagai risiko negatif pada kesehatan, mulai dari naiknya asam lambung hingga kadar glukosa dalam darah. Untuk menanggulanginya, perlu mengatur jam makan malam.

Menurut anjuran ahli nutrisi, setidaknya makan malam tiga jam sebelum waktu tidur. Misalnya, jika Anda tidur pukul 22.00 artinya maksimal makan hidangan utama pada pukul 19.00. Dengan memberi jeda, proses sekresi insulin lebih efektif menghasilkan energi untuk beraktivitas sebelum tidur.

Nah, jika terlalu mepet dengan waktu tidur, energi akan disimpan dalam bentuk lemak.

Sediakan camilan mengandung protein

Pernah terbangun dari tidur karena lapar? Ini tentu tidak mengenakkan, apalagi saat ini semakin mudah untuk memanfaatkan layanan pesan antar sehingga berkesempatan lebih besar mengonsumsi makanan karbohidrat, kolesterol tinggi, dan fast food.

Untuk memperkecil kesempatan impulsif memesan makanan yang mampu menggagalkan diet, maka perlu menyimpan stock makanan tinggi protein misalnya telur rebus dan kacang-kacangan.

Menurut Upton, seorang ahli diet, mengonsumsi makanan tinggi protein pada malam hari dapat membantu lekas tidur.

Batasi penggunaan gawai

Asik menggunakan gawai hingga lupa waktu menyebabkan telat tertidur. Yang menjadi masalah adalah efek psikologis, seperti anxiety dan kecemasan. Kedua hal tersebut dapat memicu emotional eating dan menyebabkan berat badan merangkak naik.

Olahraga ringan

Olahraga ringan misalnya yoga untuk pemula dapat dilakukan sebelum tidur. Manfaatnya dapat melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan metabolisme, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Atur suhu kamar

Semakin dingin suhu ruangan, semakin besar pembakaran energi untuk menghangatkan tubuh. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa dengan suhu rendah tidur akan lebih pulas. Ditambah lagi kenakan kaus kaki agar merasa lebih nyaman dan hangat.

Memakan buah anggur

Risiko obesitas dapat menurun hingga 40 persen jika rutin mengonsumsi anggur. Ini berarti selain menyimpan stock makanan protein tinggi, Anda perlu menyimpan buah yang mengandung polifenol atau sejenis antioksidan seperti anggur.

Kebiasaan di atas dapat rutin Anda lakukan sebelum tidur. Pertimbangkan juga makanan sehat dan olahraga rutin untuk mengimbangi usaha-usaha melangsingkan tubuh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.