Inilah Cara Memperbaiki Kesehatan Mental saat Alami Kondisi Stres
Ilustrasi stres (Mart Production/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kondisi pandemi yang belum berakhir dengan situasinya yang tidak menentu dapat mempengaruhi kesehatan mental . Tenang, hal ini wajar terjadi.

Tapi, Anda juga tidak bisa membiarkan rasa khawatir ini berlarut-larut. Maka, di tengah situasi yang bikin stress sekarang, begini tips Anda memperbaiki kesehatan mental.

Gunakan waktu untuk istirahat

Kalau Anda merasa mulai tidak fokus saat memandang ke layar komputer, tandanya Anda perlu istirahat. Percaya, kesehatan mental lebih penting dari jadwal rapat dan tenggat waktu yang menunggu. Jangan biarkan kurang tidur jadi kebiasaan Anda. Terbiasa membiarkan kepala pusing tak akan membantu produktivitas, terlebih lagi kondisi mental. Bahkan, bisa saja Anda mengalami fotofobia (sensitivitas berlebih pada cahaya).

Kurangi waktu di media sosial

Dengan semakin banyaknya berita negatif yang tersebar di media sosial, tanpa sadar hal itu justru memicu rasa marah dan depresi dalam diri. Meski tetap update informasi terkini memang penting, terlalu banyak waktu melihat berita dan gambar-gambar negatif hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Bicara dengan keluarga dan kerabat

Ada kalanya Anda tiba-tiba merasa panik dan khawatir tanpa sebab. Selalu ingat bahwa Anda dikelilingi oleh orang-orang yang siap mendengarkan segala keluhan. Dalam situasi saat ini, bukan waktunya untuk menarik diri dan "bersembunyi", melainkan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan kerabat. Percaya, tak semua orang bisa merasakan "kemewahan" ini.

Konsultasi dengan ahli

Anda yang mengenal diri sendiri. Jika Anda sudah merasa ada yang salah dan tak sanggup melaluinya sendiri, ada baiknya untuk mencari pertolongan kepada orang yang tepat seperti psikolog. Sebagai asalnya, Anda bisa kasual secara kasual tentang perasaan Anda akhir-akhir ini.

Menyibukkan diri dengan hobi

Kata "sibuk" tak harus selalu diasosiasikan dengan pekerjaan. Menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga pada pekerjaan yang Anda cintai juga akan membuat Anda mencintainya. Anda mulai merasa stres dan depresi. Inilah yang akan terjadi pada kelelahan kerja. Sebelum hal ini terjadi, gunakan waktu untuk menikmati hobi di luar pekerjaan. Membaca buku drama, menjahit, atau memasak di dapur.

 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .