Manfaat Menangis bagi Kesehatan Mental, Bukan Tanda Seseorang Lemah!
Ilustrasi Menangis (M./Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Kita sejak kecil pasti terbiasa mendengar bahwa menangis tanda sesoerang lemah atau cengang. Padahal tangisan bukan tanda seseorang punya sifat lemah. Menangis merupakan respons tubuh yang jika seseorang sedang menghadapi berbagai emosi, seperti sedih, bahagia dan alami. Ketika Anda sedang ada diposisi yang sakit serta perasaan negatif muncul, tidak perlu untuk dipendam. Namun, banyak dari kita malu untuk menangis karena penilaian sosial.

“Menangis itu hal yang positif dan sehat”, ucap Stephen Sideroff, Ph. D., psikologi klinis dari UCLA AS, melansir HighEnd, Rabu, 30 Maret. Maka dari itu, Anda jangan takut untuk memendam perasaan. Lebih baik curahkan melalui tangisan. Berikut manfaat menangis yang baik untuk kesehatan mental.

Suasana Hati

Setelah Anda meluapkan semua emosi tersebut, suasana hati akan mulai membaik. Tetesan air mata mengandung sejumlah hormon stres dan zat kimia lainnya yang ketika dikeluarkan, maka perasaan negatif akan berkurang dan Anda menjadi lebih lega.

Mengembalikan Keseimbangan Emosi

Dengan mengeluarkan emosi melaluian tangisan dapat membuat seseorang kembali stabil. Sistem saraf yang ada di tubuh akan memberikan efek tenang yang dirasakan beberapa menit kemudian setelah menangis, membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih.

membantu Meredakan Stres

Saat kondisi Anda sedang stres membuat pikiran seseorang menjadi rumit, sehingga muncul perasaan negatif dan mulai menangis. Menangis melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan dan dipendam.

Mulai sekarang jangan malu untuk meluapkan emosi melalui tangisan, karena baik untuk kesehatan mental Anda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.