Takut Jerawatan Karena Seharian Pake Masker, Berikut Tips Mencegahnya
Ilustrasi memakai masker (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, mau tak mau mewajibkan seluruh penduduk dunia memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker memang bermanfaat mencegah risiko penularan Virus Corona . Sayangnya, penggunaan masker selama berjam-jam rupanya bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti, iritasi maupun jerawat.

Masalah kulit ini dapat timbul karena kurangnya sirkulasi udara di area yang sering tertutup masker. Akibatnya, kulit menjadi lembab dan pori-pori tersumbat.

Faktor inilah yang menyebabkan jerawat muncul dengan sendirinya. Belum lagi gesekan bahan masker dengan kulit bisa menyebabkan iritasi apalagi bagi pemilik kulit sensitif .

Biar tak gampang jerawatan dan iritasi saat memakai masker, coba baca tips berikut.

Pilih Masker Berbahan Katun

Agar kulit tak mudah berjerawat saat memakai masker, coba pilih masker berbahan dasar katun. Katun memiliki serat lebih lembut jadi aman jika bersentuhan dengan kulit. Sama seperti  perawatan kulit , tepat memilih material masker merupakan langkah awal menyelamatkan kulit Anda dari masalah jerawat.

Rajin Oleskan  Petroleum Jelly

Kandungan mineral di dalam  petroleum jelly  sangat baik untuk melembabkan kulit. Rajin mengoleskan  petroleum jelly  ke bagian muka yang sering bersentuhan dengan masker bisa mencegah timbulnya iritasi. 09 Feb 2021 14:14

Penggunaan  Make up  Berlebih

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan  makeup  di luar rumah, rasanya berat sekali jika harus meninggalkan kebiasaan satu ini. Demi keselamatan kulit wajah, coba hentikan penggunaan  makeup  berlebih saat menggunakan masker. 

Pasalnya, kombinasi masker plus  makeup  justru membantu mempercepat timbulnya jerawat di wajah. Sebisa mungkin, penggunaan  yayasan karena  produk ini berfungsi menutup pori-pori wajah. Jika disatukan dengan masker, maka tidak ada ruang bagi kulit wajah Anda untuk bernapas. Cukup pakai bedak dan bila perlu pertegas riasan di bagian mata saja.

Ganti Masker Secara Berkala

Di penghujung hari, jangan lupa ganti masker Anda meski aktivitas tak banyak mengeluarkan keringat. Ingat, mesti tak terlihat tetap saja residu negatif dari kulit akan menempel di masker sehingga menyebabkan jerawat. Sebagian besar, Anda pasti enggan disangka jorok karena memakai masker berulang-ulang, kan?

Obati Jerawat dengan Benzoyl Peroxide

Lalu, bagaimana jika jerawat sudah telanjur muncul?. Tak usah panik, coba obati dengan benzoyl peroxide. Formula Kandungan benzoyl peroxide ampuh menghambat pertumbuhan jerawat.

Cukup totol gel ke area wajah berjerawat secara rutin. Jangan lupa selalu bersihkan wajah dan tangan sebelum menggunakan benzoyl peroxide.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .