Anak Mengalami Mimpi Buruk dan Terbangun, Berikut 5 Cara untuk Menenangkan
Ilustrasi anak mengalami mimpi buruk (Pexels/cottonbro)

Bagikan:

PALEMBANG- Mimpu buruk memang sangat mengganggu bagi aktivitas tidur. Bagi orang mimpi buruk cukup jam tidur pada malam hari. ketika anak mengalami mimpi buruk, para orang tua bisa menonton dengan cara-cara yang tepat.

Meskipun ada berbagai penyebab buruk, yang dialami anak berkemungkinan berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Seperti apa yang dilihat sebelum tidur atau apa yang dialami sehingga mempengaruhi dalam tidurnya.

Paling mengkhawatirkan, penyebab buruk buruk pada anak yang dilansir  The Asian  Parents adalah pengalaman traumatis dan aktivitas seharian yang melelahkan. Mimpi juga dialami ketika anak dalam keadaan tidur atau disebut dengan  Rapid Eye Movement  (REM).

Untuk berhasil dan menciptakan kembali tidur saat terbangun karena mimpi, orang tua bisa melakukan cara berikut ini.

1. Memvalidasi rasa takut yang dialami anak

Cara pertama, perasaan takut anak tidak boleh diabaikan. Orang tua bisa menanyakan tentang apa yang ada dalam mimpinya dan menciptakan jaringan. Dengan memvalidasi hal yang membuat anak ketakutan, ia akan merasa terlindungi dan dihargai.

2. Minta anak bercerita

Bercerita merupakan satu cara untuk menghilangkan rasa takut. Maka cinta pada buah hati, apa dan bagaimana kejadian dalam mimpinya yang membuat takut. Bagaimana pun akhir dari cerita mimpinya, orang tua perlu besarkan hati.

3. Ciptakan suasana aman

Jika bercerita tentang anak masih merasa gelisah dan sulit tidur kembali, Anda bisa memberikan selimut yang nyaman. Beri segelas air putih hangat dan menemaninya pulang.

4. Buat 'mantra' pengusir mimpi buruk

Baik dengan berdoa atau dengan membuat 'mantra' merupakan satu cara untuk menghilangkan rasa takutnya. Meski sementara waktu, membuat anak membayangkan mimpi buruknya dengan sesuatu yang dipercaya dapat menghilangkan hal-hal menakutkan.

5. Berikan sesuatu yang menyenangkan hati

Supaya anak kembali  bahagia , Anda bisa menjanjikan sesuatu yang membuat hati senang. Misalnya, besok akan melakukan aktivitas favoritnya, makan makanan kesukaannya, atau menonton tayangan yang paling disukainya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Anak Terbangun ketika Mengalami Mimpi Buruk, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Menenangkan . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .