Duduk dalam Waktu Lama dapat Sebabkan Risiko Penyakit Jantung, Berikut Tips untuk Mencegahnya
Ilustrasi mencegah penyakit jantung dengan mengurangi waktu duduk (Unsplash/Juan Ordonez)

Bagikan:

PALEMBANG– Duduk dalam waktu yang lama sudah menjadi kebiasaan bagi pekerja kantoran. Duduk menjadi posisi yang nyaman tidak hanya saat bekerja, namun juga ketika menonton televisi maupun mengobrol dengan teman, kerabat, dan keluarga. Jika setiap aktivitas yang dilakukan sambil duduk, ternyata berisiko bagi kesehatan jantung Anda.

Sebuah studi, British Heart Foundation, dilakukan oleh peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Hongkong, menemukan bahwa penyakit jantung koroner bisa dilakukan dengan cara waktu duduk ketika menonton televisi.

Di Inggris, penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian. 64.000 kematian setiap tahunnya yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Berdasarkan data, satu dari delapan pria dan satu dari 15 perempuan meninggal karena penyakit ini. Sedangkan jantung koroner merupakan penyakit yang faktor utamanya adalah kurangnya aktif secara fisik.

data dari UK Biobank dari 500.000 orang dewasa untuk menghitung jumlah Peneliti waktu duduk sehari untuk menonton televisi, menggunakan komputer waktu senggang, DNA individu, dan risiko penyakit jantung koroner. Skor dibuat untuk setiap individu berdasarkan risiko genetik yang mempengaruhi peluang mengalami risiko penyakit ini. Seperti yang diharapkan, individu dengan skor risiko lebih tinggi pada risiko lebih besar mengembangkan penyakit jantung koroner koroner.

Orang yang Punya Kebiasaan Duduk Lama Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Risiko, dalam studi tersebut, terkait dengan gaya hidup duduk dan menetap. Orang yang menonton televisi lebih dari empat jam per hari memiliki risiko besar terkena penyakit jantung koroner, terlepas dari skor risiko genetik. Sedangkan orang-orang yang duduk menonton TV selama 2-3 jam saja sehari, memiliki tingkat perkembangan penyakit 6 persen lebih rendah. Sementara orang yang duduk menonton TV hanya sejam sehari, tingkat risiko 16 persen lebih rendah.

Chloe Mac Arthur, perawat jantung senior, mengatakan bahwa sebagian orang menonton televisi sambil duduk. Dan gaya hidup kebanyakan duduk atau tidak banyak bergerak dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Olahraga untuk mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Disamping memotong waktu duduk, disarankan untuk melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggu. Ini harus dilakukan untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah. Jadi, sering binge watching satu session film series dengan posisi duduk dan enggak rutin olahraga? Ubah kebiasaan buruk tersebut untuk mendapatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.