Pahami Cara Buang Masker yang Benar Agar Tak Menyebarkan Masalah Kesehatan
Ilustrasi memakai masker (Photo by Anna Shvets from Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG-Semenjak adanya pandemi COVID-19 , kini masker menjadi barang pokok yang dibutuhkan setiap orang. Keadaan pandemi yang belum mereda mengharuskan kita memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan sebagai tindakan preventif.

Penggunaan masker kita pada masalah baru, yaitu penanganan limbah medis. Bagaimana biasanya Anda membuang masker yang telah Anda gunakan? Apa Anda langsung membuangnya begitu saja atau memperhatikan masalah kesehatan ?

Masker Berpotensi Menularkan COVID-19

Dilaporkan dari berbagai sumber, setiap masker punya potensi untuk menularkan bahaya infeksi, termasuk virus corona. Hal ini karena saat digunakan saja ada kerusakan atau droplet dari mulut yang menempel di masker. Seperti yang kita ketahui, virus corona dapat menular melalui atau droplet.

Proses Disinfektak Limbah Medis Masker

Berdasarkan penelitian, virus corona bisa bertahan selama beberapa hari di permukaan limbah medis. Untuk itu, diperlukan proses desinfeksi terhadap limbah medis seperti masker untuk mencegahnya menular ke orang lain.

Menggunting Masker Agar Tidak Digunakan Kembali

Maka, bersihkan dulu masker sebelum dibuang. Selain itu, gunting masker sampai tali-talinya. Hal ini dilakukan agar tak ada oknum yang menyalahgunakan limbah masker tersebut untuk dijual kembali.

Mencuci Masker Kain

Selain itu, pastikan untuk mengganti masker dengan rutin. Kalau Anda menggunakan masker medis, disarankan untuk menggantinya setiap empat jam sekali. Kalau Anda masker kain, sering-sering mencucinya dan jangan lebih dari sebulan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .