Aturan Mengonsumsi Keju Setiap Hari secara Aman, Berapa Jumlah Perharinya?
Keju (Foto: Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu makanan yang mempunya nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan adalah keju. Namun perlu diperhatikan mengonsumsi keju ada batasannya supaya manfaat tidak berbalik menjadi bumerang yang bisa berdampak buruk untuk tubuh. Ahli gizi Angel Jovi S.Gz merekomendasikan seseorang mengonsumsi  keju  sebanyak 40 gram per hari.

"Berdasarkan penelitian, konsumsi 40 gram keju per hari menurunkan risiko serangan penyakit jantung," kata Angel dikutip dari ANTARA, Sabtu, 18 Juni.

Keju mengandung kalsium, vitamin serta zinc yang bermanfaat untuk tubuh. Namun Malaikat mengingatkan bahwa apa yang berlebihan tidak berlebihan, sehingga seseorang harus mengonsumsi makanan sesuai dengan batas yang disarankan. Bila berlebihan, kandungan sodium dalam keju justru bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Aturan Konsumsi Keju untuk Anak hingga Ibu Hamil 

Keju bisa dinikmati semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Namun, ia mengingatkan konsumsi keju pada sebaiknya dikurangi karena metabolismenya sudah terjadi, apalagi bila ada penyakit penyerta. Batasannya sedikit berbeda karena anak dan remaja sedang berada di masa pertumbuhan yang membutuhkan sokongan gizi optimal. konsultasikan dulu kepada dokter agar asupannya sesuai dengan kondisi kesehatan.

"Kalau lansia harus dicek dulu apakah ada penyakit penyerta, bila iya takaran keju bisa di 20-40 gram maksimal," dia menyarankan.

Keju juga baik dikonsumsi oleh perempuan hamil, namun ia menyarankan untuk berkonsultasi dulu kepada dokter karena ada sebagian orang yang punya alergi saat mengandung akibat perubahan hormon.

"Jika tidak ada kondisi tertentu keju direkomendasikan karena ibu hamil butuh asupan kalsium tambahan untuk mendukung kesehatan."

Prochiz Cheddar Royale 

PT. Mulia Boga Raya Tbk, produsen keju olahan meluncurkan Prochiz Cheddar Royale, pembaruan dari Prochiz Cheddar dengan formulasi dan tampilan kemasan baru.

Produk ini diklaim memberikan rasa lebih gurih, lezat dan milky karena mengandung lebih banyak susu dari Selandia Baru, juga diperkaya vitamin A, D, E serta kalsium.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.