7 Kebiasaan yang Akan Membuatmu Selalu Bangun Pagi dengan Bahagia, Lakukan Sebelum Tidur
Ilustrasi bangun pagi bahagia (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

Bagikan:

PALEMBANG- Perilaku dan rutinitas seseorang terbentuk karena kebiasaan yang mereka lakukan. Rasa bahagia pun dapat tercipta dari kebiasaan yang seseorang usahakan. Perasaan sejahtera tersebut bisa dipersiapkan sejak sebelum tidur hingga merasakannya ketika bangun pagi.

Untuk meningkatkan kebahagiaan saat bangun pagi, beberapa ahli merekomendasikan tips di bawah ini dilansir Well and Good, Jumat, 18 Februari.

  1. Bersyukur

Rasa syukur berdampak pada neurokimia otak, khususnya melepaskan dopamin. Neurotransmitter perasaan baik ini punya peran penting dalam kebahagiaan, jelas psikoterapis Dawn Delgado, LMFT.. Sebelum tidur, Anda bisa menuliskan hal-hal yang patut disyukuri sehingga saat bangun pagi akan merasa bahagia.

  1. Buat rencana menyenangkan

Kesenangan yang direncanakan bisa merangsang kebahagiaan, kata psikiater bersertifikat, Anisha Patel-Dunn. Waktu istirahat sebelum tidur Anda, bisa menjadwalkan rencana atau kegiatan untuk hari berikutnya. Misalnya bertemu teman minum kopi, berjalan-jalan, ataupun berkebun di rumah saja.

  1. Rapikan ruangan

Delgado menjelaskan pengaruh ruangan pada mental dan emosional. Ia mengajurkan untuk meluangkan beberapa menit sebelum tidur membersihkan rumah sehingga bangun dengan perasaan segar dan siap mengatasi apapun yang terjadi pada hari itu.

  1. Persiapkan hari kedepan

Seperti merapikan ruangan, mempersiapkan aktivitas beberapa hari ke depan juga mengatur ‘nada’ untuk pagi yang bahagia. Tetapi Delgado memperingatkan, Anda tak perlu mendaftar hal-hal yang membuat cemas. Atur dan prioritaskan saja tentang bagaimana melewatinya. Dengan begitu Anda bisa bangun dengan optimis dan pikiran jernih.

5. Visualisasikan hari ke depan

Nah, perihal kejernihan pikiran, Anda bisa mendapatkannya dengan berbagai cara. Seperti dengan meditasi, relaksasi, ataupun melakukan hal yang Anda sukai. Cara ini membantu seseorang untuk menanggapi apapun yang terjadi ke depan secara positif.

6. Tulis catatan cinta untuk diri sendiri

Kata Delgado, memberi pesan dorongan untuk diri sendiri akan membantu menambah semangat. Awalnya terdengar konyol, mungkin, tetapi ini sangat bermanfaat. Anda bisa menulisnya di kertas kecil ditempel di cermin kamar atau menyembunyikannya di jurnal harian.

7. Batasi akses media sosial

Media sosial bisa membuat Anda terhibur dan tertawa, tetapi kadang juga menjadi tempat yang tidak menyenangkan. Itu artinya, batasi akses media sosial, saran Patel-Dunn. Ia juga merekomendasikan istirahat dari media sosial sebelum tidur untuk membantu mengurangi kecemasan dan lebih bahagia keesokan harinya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.