6 Bahaya Minum Teh saat Perut Kosong Meskipun Terasa Nikmat dan Menghangatkan
Ilustrasi memegang teh (Burst/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada dua jenis minuman yang biasanya dinikmati di pagi hari, yaitu teh dan kopi. Bahkan beberapa orang merasa kurang berenergi kalau belum menyesap teh di pagi hari.

Minum teh pun baik untuk kesehatan karena mengandung sejumlah nutrisi penting. Salah satu senyawanya yaitu katekin, antioksidan yang baik untuk imunitas dan metabolisme tubuh.Teh juga terdiri dari beberapa jenis dengan profil aroma dan rasa yang berbeda. Ada teh hijau, teh putih, hingga teh hitam yang populer.

Tapi siapa sangka minum teh di pagi hari ada aturannya. Para pakar kesehatan merekomendasikan tak minum teh dalam kondisi perut kosong karena kurang baik untuk kesehatan. Dilansir dari  Bold Sky , Rabu, 5 Mei, berikut enam efek minum teh dalam kondisi perut kosong di pagi hari:

Mengganggu aktivitas metabolisme tubuh

Kebiasaan langsung minum teh setelah bangun tidur ternyata bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Hal ini karena ketidakseimbangan senyawa asam dan alkalin dalam perut.

Erosi enamel gigi

Selain itu, minum teh dalam keadaan perut kosong juga bisa menyebabkan erosi pada enamel gigi. Ini terjadi karena bakteri dalam mulut akan memecah gula, yang berakibat pada peningkatan kadar asam dalam mulut. Pada akhirnya kondisi ini memicu erosi enamel gigi.

dehidrasi

Efek lainnya adalah tubuh akan dehidrasi alias kekurangan cairan. Sebab teh bersifat diuretik dimana bisa mengandung air dalam tubuh. Saat Anda bangun tidur, tubuh sebenarnya sudah dehidrasi karena Anda minum hingga 8 jam. Nah, jika ditambah dengan minum teh yang sifatnya diuretik, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami dehidrasi parah.

kembung

Efek minum teh dalam kondisi kosong selanjutnya adalah merasa kembung. Biasanya terjadi saat Anda minum teh dengan campuran susu. Adanya kandungan laktosa tinggi pada susu dapat mempengaruhi kondisi usus kosong. inilah yang berakibat pada perut kembung, bergas, hingga alami.

Mul

Hal lain yang sering dirasakan orang saat minum teh dalam kondisi perut kosong adalah mual. Ini karena aktivitas empedu terganggu. Efek sampingnya berupa mual dan perasaan gelisah.

Berkurangnya penyerapan zat besi

Teh hijau bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi secara alami. Orang yang mengalami anemia sebaiknya minum teh dalam keadaan kosong, karena bisa menurunkan tingkat penyerapan zat besi dalam tubuh dari sumber makanan lain.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .