Rutin Mengonsumsi Telur Ternyata Baik utnuk Kesehatan, Apa Saja Manfaatnya?
Ilustrasi telur (Klaus Nielsen/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Selain ayam, salah satu makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah telur. Selain cara pengolahannya yang mudah, telur juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan serta dapat diklasifikasikan sebagai super food.

Untuk itu, penting adanya bagi Anda mengetahui berbagai manfaat dalam mengonsumsi telur secara rutin. Mari simak ulasannya.

Dapat menurunkan berat badan

Secara ilmiah, putih telur sudah terbukti dapat menurunkan berat badan dua kali lebih cepat. Bagi yang sedang diet, cobalah konsumsi putih telur sebagai menu sarapan secara rutin untuk mendapatkan bobot tubuh yang diinginkan.

Dapat menjaga kesehatan mata

Kuning telur memiliki kandungan lutein dan zeaksantin yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mata dengan membantu melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Membuat rambut semakin tebal

Satu butir telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein merupakan kandungan yang dapat menjadikan rambut semakin tebal. Jadi, jika Anda rutin mengonsumsi telur setiap hari, ada kemungkinan rambut Anda jadi lebih tebal alami.

Menjadi awet muda

Selain menjaga kesehatan mata, kandungan lutein dalam telur pun berkhasiat untuk menghambat penuaan sebanyak 40 persen. Maka dari itu, rutin konsumsi telur juga bisa membuat tampilan Anda makin awet muda dari hari ke hari.

Mengurangi risiko kanker payudara

Tidak hanya protein, lutein, dan zeaksantin, telur juga mengandung zat kolin yang dapat mengurangi kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi telur dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker sebesar 18 persen.

 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.