7 Manfaat Menikmati Waktu Sendirian Menurut Penelitian, Justru Banyak Manfaatnya
Ilustrasi manfaat menikmati waktu sendirian (Unsplash/Anthony Tran)

Bagikan:

PALEMBANG- Saat beranjak dewasa, waktu setiap orang akan dihabiskan dengan banyak kesibukan. Sayangnya kondisi burnout bisa terjadi ketika orang terlalu berlebih dalam bekerja keras. Salah satu cara untuk meminimalisir kelelahan, Anda bisa menghabiskan dan menikmati waktu sendiri. Ternyata, sains juga menemukan bahwa menikmati waktu sendirian itu enggak melulu bikin kesepian.

Justru dengan menikmati waktu sendirian, Anda bisa mendapatkan 7 manfaat positif. Dilansir Forbes, Jumat, 29 Oktober, Amy Morin –psikoterapis dan penulis buku best seller tentang kesehatan mental- merangkum manfaat menikmati momen sendirian berdasarkan sains.

1. Bisa meningkatkan empati

Dalam lingkaran pertemanan, apakah Anda pernah terjebak dalam lingkungan yang toksik atau tidak baik bagi kesehatan mental? Nah, dengan mengambil jarak dan menikmati waktu sendirian sementara waktu, Anda justru akan bisa mengembangkan banyak kasih sayang untuk orang-orang tersebut.

2. Jadi lebih produktif

Berjejaring adalah satu cara membuka lingkaran sosial atau bahkan membuka kesempatan baru. Tetapi menurut penelitian, dikelilingi banyak orang justru membunuh produktivitas. Artinya, untuk meningkatkan kinerja dibutuhkan sedikit privasi.

3. Memicu kreativitas

Banyak seniman atau penulis memilih tinggal sendirian di tengah hutan atau studio pribadi ketika bekerja. Sendirian, memberi kesempatan pada otak untuk mengembara dan membantu Anda jadi lebih kreatif.

4. Lebih sehat secara mental

Sebuah studi menunjukkan kemampuan untuk mentolerir waktu sendirian dan berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan, kepuasan hidup, dan lebih bisa me-manage stres. Berdasarkan studi tersebut, orang yang bisa menikmati waktu sendirian mengalami lebih sedikit depresi.

5. Baik untuk membangun kemandirian anak

Apakah Anda sering membuat jadwal bersama anak dan mengharuskan mereka selalu bersama Anda? Ternyata, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar sendiri akan berperilaku lebih baik daripada anak-anak lain.

6. Punya kesempatan bikin planning hidup

Rencana hidup kerap luput ditumpuk tugas-tugas jangka pendek, pekerjaan, maupun tugas domestik. Maka mengambil jeda dan menghabiskan waktu sendirian bisa memberi kesempatan untuk merencanakan tujuan, kemajuan, dan perubahan.

7. Lebih besar kemungkinan mengenal diri sendiri

Bergantung pada orang lain, sering kali membuat kita tidak mengenal seberapa potensi yang dimiliki. Saat Anda sendirian, Anda dapat membuat pilihan atau capaian sesuai dengan potensi yang dimiliki. Bahkan bisa mengembangkan lebih banyak wawasan tentang siapa Anda sebagai pribadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, adakah Anda punya waktu jeda dan menikmati waktu sendirian? Mumpung akhir pekan, Anda bisa merencanakannya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.