5 Tips Sederhana untuk Menikmati Hidup, Meski Terkadang Ada Pahitnya
Ilustrasi bagaimana cara kita menikmati hidup (Unsplash/Shaurya Sagar)

Bagikan:

PALEMBANG- Perjalanan hidup perlu dinikmati oleh setiap orang di tengah kesibukan bekerja dan kegiatan harian lainnya. Pertanyaannya, bagaimana cara menikmatinya? Meski enggak selalu bahagia, kesedihan tetap datang, dan masalah selalu menyapa, menikmati setiap prosesnya bisa dilakukan dengan sederhana.

Menurut penulis Elizabeth Scott, Ph.D., untuk membuat hidup lebih menyenangkan mungkin setiap orang memiliki cara masing-masing. Beberapa tips atau langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menikmati setiap hari lebih bermakna.

BACA JUGA:


  1. Mempertahankan hubungan yang sehat

Hubungan berkontribusi besar pada peningkatan kebahagiaan, kepuasan hidup, dan kesejahteraan psikologis Anda. Dilansir Verywell Mind, Selasa, 7 Desember, penelitian ilmiah juga membuktikan bahwa hubungan yang positif dan mendapatkan support system dari orang sekitar membuat Anda lebih bisa menikmati hidup.

  1. Mengapresiasi segala sesuatu yang baik

Menikmati hidup bisa dimaknai sebagai menghargai setiap kehadiran, termasuk mengapresiasi segala sesuatu yang baik. Selain yang baik, perasaan sedih tetap bisa terkontrol ketika menghargainya sebagai sebuah proses.

  1. Luangkan waktu untuk bersantai

Karena jadwal padat, pernah kah merasa bahwa waktu 24 jam dalam sehari masih kurang untuk melunaskan tugas? Menurut Scott, hidup memang sibuk tetapi setiap orang membutuhkan waktu untuk bersantai dan menikmatinya.

4. Menjalankan pola hidup sehat

Banyak sekali penelitian membuktikan bahwa rutin berolahraga, makan makanan bernutrisi, tidur, dan minum cukup ialah cara sederhana untuk menikmati hidup hingga usia senja. Kondisi emosional yang seimbang juga besar dipengaruhi oleh tubuh yang sehat.

5. Bersyukur

Bersyukur merupakan ungkapan rasa terikamasih yang berasal dari pengakuan sesuatu yang baik terjadi pada Anda atas keterlibatan seseorang atau orang lain dan sumber impersonal seperti alam atau entitas ilahi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Health Psychology, membuktikan bahwa bersyukur bisa meningkatkan kualitas tidur, imun tubuh, self-esteem, meredakan stres, menurunkan tekanan darah, dan hidup jadi lebih optimis.

Itulah cara-cara sederhana untuk bisa lebih menikmati hidup. Adakah cara menikmati hidup yang Anda lakukan selain langkah di atas?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.