Apakah Anda Hobi Memakai Daster Ketika di Rumah? Ternyata Ada Manfaatnya
Ilustrasi manfaat memakai daster (Pexels/Anastasia Shuraeva)

Bagikan:

PALEMBANG- Ketika sedang dalam waktu senggang di rumah biasanya kita lebih memilih menggunakan pakaian bebas atau santai. Apakah Anda termasuk suka memakai daster ketika menikmati waktu santai di rumah?

Ternyata, dilansir Klik Dokter, Sabtu, 7 Agustus, memakai daster memiliki 5 manfaat. Manfaat tersebut tidak hanya berefek positif pada kesehatan fisik, tetapi juga mental. Apa saja manfaatnya? Berikut daftarnya.

  1. Tubuh lebih rileks

Daster yang longgar membuat tubuh terasa rileks. Biasanya memakai 2 potong pakaian, yaitu atasan dan bawahan, ketika memakai daster hanya berjumlah 1 potong saja. Bahan daster juga terasa nyaman untuk dipakai diwaktu santai.

  1. Fleksibel dengan suhu

Indonesia merupakan negara tropis yang mengalami dua musim, musim penghujan dan kemarau. Jenis pakaian daster bisa dipakai setiap musim. Terbuat dari bahan yang adem, bisa dipakai saat suhu sedang panas-panasnya.

Ketika suhu musim penghujan menurun, daster juga kerap dipasangkan dengan celana sweatpants atau dikenal dengan celana training. Bisa ditambahkan jaket tebal atau syal agar lebih hangat.

  1. Kulit tidak mengalami iritasi

Salah satu penyebab iritasi pada kulit adalah terlalu sering memakai pakaian dengan sirkulasi udara yang buruk. Daster memiliki sirkulasi udara yang baik, ukurannya pun longgar sehingga kulit bisa bernapas lega tanpa ada tekanan.

4. Sirkulasi darah lancar

Pakaian yang fit dan straight seperti celana jeans atau dres ketat, akan menghambat sirkulasi darah pada posisi tertentu. Misalnya, saat duduk bagian perut, pangkal paha, dan pinggang akan mengencang.

Ketika bersantai memakai daster, sirkulasi udara pada kulit lebih baik dan ukuran longgar tak ada bagian mengencang atau menekan.

5. Kualitas tidur lebih baik

Bersantai di rumah, memakai baju nyaman, tentu akan memengaruhi kebiasaan tidur Anda. Apabila Anda bekerja, saat-saat santai bisa untuk relaksasi dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Termasuk ketika tidur memakai daster, badan akan terasa sejuk dan lebih mudah bergerak.

Daster di Indonesia dikenakan ketika bersantai. Daster, merupakan adaptasi dari duster di Amerika. Outfit ini dipakai oleh koboi pada tahun 1800-an berbentuk jubah panjang dengan bahan ringan dan potongan longgar.

Bentuk duster beragam, mulai dari berkancing bagian depan, depan terbuka dilengkapi sabuk, dan bagian krah berpotongan tinggi. Fungsinya sebagai jas anti hujan, melindungi dari debu dan kotoran.

Perkembangan pada akhir abad ke-19 hingga 20, duster jadi fashion item yang populer dan didesain jadi lebih sederhana. Tahun 70-an, duster didesain untuk outer cantik oleh rumah fashion ternama seperti Yves Saint Laurent, Pierre Cardin, Halston, hingga Betsey Johnson.

Nah, di Indonesia ada berbagai rumah produksi pakaian jenis daster. Mulai dari produksi rumahan bermotif batik hingga tie dye dengan bahan katun hingga sutera.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Suka Menikmati Waktu Santai di Rumah Memakai Daster? Ternyata Ada Manfaatnya. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.