7 Manfaat Menikmati Waktu Sendirian Menurut Studi, Bukan Berarti Kesepian dan Depresi
Ilustrasi manfaat menikmati waktu sendirian (Unsplash/Anthony Tran)

Bagikan:

PALEMBANG - Memiliki etok kerja keras memang bagus dalam karir dan produktivitas. Namun bekerja secara berlebihan dapat memicu  burnout . Salah satu cara untuk meminimalkan kelelahan, Anda bisa menikmati dan menikmati waktu sendiri. Ternyata, sains juga menemukan bahwa menikmati waktu sendirian itu enggak melulu membuat kesepian.

Hanya dengan menikmati waktu sendiri, Anda bisa mendapatkan 7 manfaat positif. Dilansir  Forbes , Jumat, 29 Oktober, Amy Morin –psikoterapis dan penulis buku  best seller  tentang kesehatan mental - merangkum manfaat menikmati momen sendiri berdasarkan sains.

1. Bisa meningkatkan empati

Dalam lingkaran pertemanan, apakah Anda terjebak dalam lingkungan yang toksik? Nah , dengan mengambil jarak dan menikmati waktu sendirian sementara, Anda justru akan bisa mengembangkan banyak kasih untuk orang-orang tersebut.

2. Jadi lebih produktif

Berjejaring adalah satu cara membuka lingkaran sosial atau bahkan membuka kesempatan baru. Tetapi menurut penelitian, dikelilingi banyak orang justru membunuh produktivitas. Artinya, untuk meningkatkan dibutuhkan sedikit privasi.

3. Memicu kreativitas

Banyak seniman atau penulis memilih tinggal sendiri di tengah hutan atau studio pribadi ketika bekerja. Sendirian, beri kesempatan pada otak untuk mengembara dan membantu Anda jadi lebih kreatif.

4. Lebih sehat secara mental

Sebuah studi menunjukkan kemampuan untuk mentolerir waktu sendiri dan berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan, kepuasan hidup, dan lebih bisa mengelola  stres. Berdasarkan penelitian tersebut, orang yang dapat menikmati waktu sendiri mengalami lebih sedikit depresi.

5. Baik untuk membangun kemandirian anak

Apakah Anda sering membuat jadwal bersama anak dan mengharuskan mereka selalu bersama Anda? Ternyata, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar sendiri akan berperilaku lebih baik daripada anak-anak lain.

6. Punya kesempatan bikin  perencanaan  hidup

Rencana hidup kerap luput ditumpuk tugas-tugas jangka pendek, pekerjaan, maupun tugas domestik. Maka mengambil jeda dan waktu sendiri bisa memberi kesempatan untuk merencanakan tujuan, kemajuan, dan perubahan.

7. Lebih besar kemungkinan mengenal diri sendiri

Bergantung pada orang lain, sering kali membuat kita tidak mengenal seberapa besar potensi yang dimiliki. Saat Anda sendiri, Anda dapat membuat pilihan atau capaian sesuai dengan potensi yang dimiliki. Bahkan bisa mengembangkan lebih banyak wawasan tentang siapa Anda sebagai pribadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, adakah Anda punya waktu jeda dan menikmati waktu sendirian? Mumpung akhir pekan, Anda bisa merencanakannya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Engga Melulu Bikin Kesepian, Menurut Studi Ini 7 Menikmati Waktu Sendirian . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .