Dinkes OKU Gencarkan Upaya Pencegahan Penyakit Tuberkulosis pada Anak
Logo tuberkulosis (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Upaya pencegahan penyakit tuberculosis pada anak terus digencarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, sebab dapat berakibat fatal. Pihaknya terus memberikan edukasi kepada masyarakat supaya menjaga kebersihan dan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

"TB pada anak biasanya tidak hanya menyerang paru-paru, tapi juga organ lain seperti kelenjar, kulit dan tulang. Bahkan, TB yang tidak diobati dapat berujung pada kematian," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU Andi Prapto di Baturaja, Senin.

Data Penyakit Tuberculosis di OKU Sumsel

Dia menjelaskan, berdasarkan data hingga Oktober 2021 pihaknya mencatat dari 391 jumlah warga OKU yang menderita penyakit TB, 34 orang diantaranya merupakan pasien anak dan sembilan pasien dewasa meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Rata-rata pasien penderita penyakit TB ini disebabkan tertular dari lingkungan sekitar yang membawa virus akibat bakteri mycobacterium tuberculosis tersebut.

"TB bukanlah penyakit keturunan, melainkan penyakit menular sehingga dapat dicegah dengan menghindari kontak dengan bakteri tersebut," kata dia.

Upaya Pencegahan Vaksinasi BCG untuk Pembentukan Antibodi

Oleh sebab itu, kata dia, sebagai upaya pencegahan vaksinasi BCG merupakan salah satu faktor penting karena secara spesifik dapat merangsang pembentukan antibodi terhadap bakteri TB sehingga dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Dinkes OKU juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan tetap bersih dan memberikan makanan yang bergizi dan seimbang khususnya pada anak.

"Sebagai upaya pencegahan kami juga melakukan upaya pelacakan kasus sedini mungkin melalui pemeriksaan kontak erat pasien TBC seperti mencari sumber penularan baik dari orang dewasa serumah maupun di lingkungan sekolah," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.