Dinkes OKU Sumsel Gencarkan Upaya Mencegah Penyakit Cacingan Pada Anak
Dinas Kesehatan OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Upaya pencegahan penyakit cacingan pada anak dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan dengan cara membagikan obat cacing secara gratis kepada anak-anak di daerahnya.

"Pemberian obat cacing salah satu upaya dalam mencegah agar anak tidak cacingan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, pada tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 73.676 anak di wilayah itu mendapat obat cacing yang dibagikan secara gratis sesuai target sasaran.

Pembagian obat cacing ini menyasar pada anak usia 1-12 tahun yang dibagikan sebanyak dua kali dalam satu tahun oleh setiap Puskesmas di 13 kecamatan dan sekolah dasar di wilayah itu.

"Hingga pembagian tahap kedua tahun ini tercatat sebanyak 68.052 anak yang mendapat obat cacing," jelasnya.

Proses Terjadinya Penyakit Cacingan

Dia menjelaskan, cacingan adalah penyakit infeksi parasit cacing yang tinggal dalam usus manusia.

Cacing yang menetap di usus ini akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus.

Jenis-jenis Cacing yang Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

Jenis cacing yang bisa menginfeksi tubuh manusia sangat beragam, mulai dari cacing gelang, cacing pita, hingga cacing tambang.

Dampak yang ditimbulkan dari penyakit ini antara lain anak menjadi lemas, pucat, perut kembung, bahkan dapat menyebabkan gagal tumbuh pada anak atau stunting.

"Oleh sebab itu melalui upaya pemberian obat cacing diharapkan dapat mencegah penyakit cacingan pada anak-anak di Kabupaten OKU," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.