Bendera Merah Putih Tidak Berkibar di Kejuaraan Thomas Cup 2020, Taufik Hidayat Layangkan Protes ke Menpora
Juara Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat (Foto: Instagram @Taufikhidayatofficial)

Bagikan:

PALEMBANG - Taufik Hidayat, legenda bulu tangkis Indonesia, turut berkomentar dalam peristiwa tidak dikibarkannya bendera Merah Putih saat bulu tangkis Indonesia meraih juara dalam Piala Thomas 2020 yang diselenggarakan di Aarhus, Denmark, Minggu, 17 Oktober.

Juara Olimpiade Athena 2004 itu mengaku kecewa mengapa Merah Putih tak bisa berkibar di momen bahagia tersebut. Lantas, apa kerja Kemenpora, LADI, KONI dan KOI sampai hal 'kecil' (Berkibarnya bendera Merah Putih, red) tidak perlu diperhatikan.

" Tapi ada yg aneh bendera merah putih gak ada? Di ganti dengan bendera PBSI. Ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khususnya Menpora Koni dan Koi? Kerjamu selama ini ngapain aja? Bikin malu negara indonesia aja, " protes Taufik lewat akun Instagram resminya , @taufikhidayatofficial dikutip  VOI , Senin, 18 Oktober.

Suami dari Ami Gumelar ini menambahkan, bila hal kecil seperti ini tidak bisa diperhatikan dengan baik, bagaimana mungkin Indonesia bisa dipercaya menggelar ajang berkelas dunia.

" Jangan ngarep jadi Tuan rumah olympic or piala dunia….urusan kecil aja gak bisa beres..Kacau dunia olahraga ini ," tegas Taufik. Dalam kritiknya pada situs terkait, Taufik tidak lupa memberikan selamat atas prestasi luar biasa Timnas Bulu Tangkis Indonesia yang bisa memboyong Piala Thomas ke tanah air. 

" Selamat piala thomas cup kembali ke INDONESIA.. terimakasih atas kerja kerasnya team Bulutangkis indonesia ," demikian Taufik.

Pebulu Tangkis Legendaris Indonesia Komentari Tidak Dikibarkannya Merah Putih

Mantan pemain ganda putra nasional Candra Wijaya juga memberikan komentar pedas atas peristiwa ini. " Ironis, pada saat merayakan kemenangan Thomas Cup, Merah Putih tidak bisa berkibar ," ujar Candra dikutip dari Antara.

Candra, juara Olimpiade Sydney 2000 berpasangan dengan Tony Gunawan, adalah salah satu pemain yang ikut memenangkan Piala Thomas pada 2002, terakhir kali Indonesia memenangkan dunia beregu putra tersebut.

Alasan Tidak Dikibarkannya Bendera Merah Putih di Thomas Cup 2020

Tidak dikibarkannya Merah Putih menyusul sanksi WADA (Badan Antidoping Dunia). Sebagai bendera PBSI yang dikibarkan. Selain Indonesia, Korea Utara dan Thailand juga dinyatakan tidak patuh oleh Badan Antidoping Dunia (WADA), sehingga dijatuhi sanksi.

Salah satu sanksinya adalah atlet dari tiga negara tersebut masih diperbolehkan turun di regional, kontinental, dan dunia, namun tidak bisa mengibarkan bendera nasional mereka selain di olimpiade.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .