Pemkab Belitung Bagikan Ratusan Bendera Merah Putih, Sukseskan Semarak Peringatan HUT ke-77 RI
Pembagian bendera merah putih di Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 450 bendera merah putih dibagikan oleh Pemkab Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepada masyarakat untuk menyemarakkan peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia 2022.

Fedy Malonda, Kepala Badan Kesbangpol Belitung, mengatakan penyerahan secara simbolis bendera Merah Putih tersebut dilakukan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh kepada perwakilan organisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama Belitung (FKUB), Perempuan Lintas Agama (Pelita), serta camat setempat.

"Kami sudah membagikan 450 lembar bendera Merah Putih warga pada Jumat (12/8) lalu sebagai Gerakan Berbagi 10 juta Bendera Merah Putih Kemendagri dalam penghentian hari kemerdekaan," kata Fedy Malonda di Tanjung Pandan, Selasa.

Gerakan Berbagi Bendera Merah Putih

Ia mengatakan, dalam rangka mendorong HUT ke-77 RI, Direktorat Politik dan Pemerintah Umum Kementerian Dalam Negeri mencanangkan gerakan berbagi 10 juta bendera Merah Putih.

Dia menjelaskan, adapun sistem pembagian bendera tersebut nantinya dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah, Ormas, partai politik, instansi vertikal, BUMN, BUMD atau melalui Kesbangpol Belitung kepada masyarakat setempat.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme," ujarnya.

Pembagian Bendera Merah Putih di Belitung

Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, menyambut baik pelaksanaan program pembagian bendera Merah Putih tersebut guna menyemarakkan peringatan HUT ke-77 RI.

Ia menilai gerakan ini merupakan langkah dalam menanamkan rasa cinta tanah air atau nasionalisme.

"Karena fakta di lapangan masih banyak masyarakat yang tidak memasang bendera di lingkungan tempat tinggal mereka dalam kemerdekaan RI," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.