Belitung Expo 2021 Sukses Bawa Peningkatan Pendapatan UMKM Daerah
Dokumentasi pelaksanaan Belitung Expo 2021 yang berlangsung 1 - 5 Juli di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam (bael.antaranews.com/Apriliansyah)

Bagikan:

PALENMBANG - Penyelenggaraan even Belitung Expo 2021 di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam telah berakhir. Acara yang berlangsung dari 1-5 Juli itu sukses meningkatkan para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah tersebut.

"Dari pengakuan peserta dengan pelaksanaan Belitung Expo 2021 pendapatan mereka meningkat tiga kali lipat dari kondisi biasa," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar di Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa.

Menurut dia, pelaksanaan Belitung Expo 2021 berhasil mencatat transaksi sebesar Rp290 juta dan dikunjungi 8.700 orang.

"Pemasukan tertinggi didapatkan oleh pelaku UMKM Nasi Dekap selama empat hari berhasil mendapatkan Rp8,5 juta," ujarnya.

Belitung Expo membantu Perekonomian Masyarakat Luas di Tengah Pandemi

Adnizar menilai Belitung Expo 201 berhasil menciptakan efek berantai yang tidak hanya oleh peserta, namun juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

"Sangat membantu bukan hanya bagi peserta saja namun bagi ekonomi masyarakat luar seperti petugas dekorasi panggung kemudian penjual kue dan gorengan jadi roda perekonomiannya terus berputar," kata Adnizar.

Pemerintah Belitung Akan Menggelar Acara untuk Dorong Ekonomi UMKM

Dikatakan, pemerintah daerah akan mengadakan acara tersebut guna membantu pemulihan ekonomi pelaku UMKM di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Ia juga mengajak masyarakat untuk sama-sama berdoa agar pandemi COVID-19 agar kondisi ekonomi pelaku UMKM dapat pulih melalui berbagai kegiatan semacam Belitung Expo.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.