Pemkot Palembang Gencar Berikan Vaksinasi COVID-19 Bagi Pelajar untuk Persiapan PTM
Wali Kota Palembang, Harnojoyo. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Layananan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar digencarkan oleh Pemkot Palembang, Sumatera Selatan. Vaksinasi tersebut dilakukan untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan digelar setelah PPKM level 4 berakhir pada 6 September 2021.

"Sekarang ini masih di bawah 50 persen pelajar yang telah divaksin, untuk mewujudkan kekebalan kelompok di lingkungan sekolah, kegiatan vaksinasi untuk pelajar akan lebih digencarkan," kata Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa.

Menurut dia, orang tua siswa yang memiliki anak berusia 12-17 tahun diimbau untuk mendaftarkan anaknya mengikuti program vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat.

Dengan dukungan orang tua siswa diharapkan program vaksinasi COVID-19 untuk pelajar bisa berjalan maksimal, sehingga bisa dicapai kekebalan kelompok sesuai target yang diharapkan.

PTM di Palembang Akan Digelar dengan Peserta yang Terbatas

Sambil menunggu capaian vaksinasi pelajar secara maksimal, kegiatan sekolah pertemuan tatap muka rencananya dilakukan secara terbatas.

"Dalam kondisi belum semua pelajar mendapat vaksin COVID-19, kegiatan PTM belum bisa dilakukan secara keseluruhan, hanya beberapa sekolah tingkat SD dan SMP di bawah pengelolaan Pemkot Palembang yang melakukan sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan ketat," ujar wali kota.

Aturan Pelaksanaan PTM di Palembang

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto menambahkan pihaknya merencanakan PTM dilaksanakan tiga shif untuk mencegah kerumunan di sekolah, jadwal sekolah dibagi tiga shif, yakni pukul 07.30 - 09.30 WIB, 08.30 -10.30 WIB dan 10.00 WIB-12.00 WIB.

"Kami akan melakukan pembelajaran dengan waktu bergantian tanpa terjadinya tabrakan jam masuk. Nanti pelajarannya juga yang esensial saja, seperti matematika, IPA, IPS, sedangkan pelajaran lainnya masih melalui daring," ujar Zulinto.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.