Satpolair Bangka Barat Sediakan Layanana Vaksinasi COVID-19 untuk Warga Pesisir
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga pesisir di Kantor Satpolair Polres Bangka Barat di Kampung Tanjunglaut, Mentok. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Bagikan:

PALEMBANG - Satpolair Kepolisian Resort Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk warga pesisir di wilayah Kecamatan Mentok.

"Sebanyak 200 orang sudah kita fasilitasi mendapatkan vaksinasi dengan menggunakan vaksin Astrazaneca, kami berharap ke depan akan semakin banyak warga yang bisa difasilitasi guna membantu membentuk kekebalan kelompok terhadap COVID-19," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat AKP Candra Wijaya di Mentok, Senin.

Pelaksanaan vaksinasi kepada warga pesisir dilaksanakan di Kantor Satpolair Polres Bangka Barat yang berlokasi di Kampung Tanjunglaut dengan melibatkan para tenaga kesehatan dan vaksinator dari Puskesmas Mentok dan Puskesmas Kundi.

"Penyuntikan vaksin COVID-19 ini merupakan dosis pertama, animo masyarakat mendapatkan suntikan vaksin saat ini cukup tinggi," ujarnya.

Warga Pesisir Mentok yang Ingin Vaksinasi Terkendala Jarak Tempuh

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi di lokasi itu karena selama ini warga pesisir lebih banyak beraktivitas di laut dan enggan melaksanakan vaksinasi yang digelar di gerai-gerai vaksin yang ada karena jarak tempuh dan banyaknya antrean yang menyita waktu cukup lama.

"Peserta vaksinasi warga pesisir ini sebagian besar adalah para nelayan, anak buah kapal dan warga yang tinggal di kampung nelayan. Ini inisiatif kami agar mereka juga mendapatkan suntikan vaksin agar bisa terlindungi dari dampak berat jika tertular virus," katanya.

Vaksinasi Massal di Bangka Barat

Kepala Puskesmas Mentok Hariyanto yang ikut hadir di lokasi kegiatan mengatakan vaksin yang digunakan pada kegiatan itu adalah Astrazeneca dan untuk penyuntikan dosis kedua rencananya dilaksanakan tiga bulan kemudian di tempat yang sama.

"Sebelum pemberian vaksin, para calon peserta sudah diberikan edukasi terkait KIPI dari vaksin Astrazaneca. Ini merupakan upaya kita untuk mendukung percepatan menuju kekebalan kelompok sehingga nantinya bisa kembali ke zona hijau," katanya.

Guna mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok terhadap COVID-19, hari ini Pemerintah setempat juga menggelar vaksinasi massal di beberapa lokasi, antara lain di Puskesmas Mentok, Kundi, Simpangteritip, Jebus, Puput, Sekarbiru, Kelapa, Tempilang, dan Museum Timah Indonesia Mentok.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.