Kabupaten Banyuasin  Gelar Vaksinasi COVID-19 Berbasis Keluarga
Kabupaten Banyuasin Gelar Vaksinasi COVID-19 Berbasis Keluarga (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program pelayanan vaksinasi COVID-19 berbasi keluarga dilaksanakan di Kabupaten Banyuasin. Kegiatan tersebut menjadi vaksinasi berbasis keluarga yang pertama kali di Sumatera Selatan.

Bupati Banyuasin Askolani dalam pantauan pelaksanaan kegiatan di Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Kamis, mengatakan, vaksinasi ini bertujuan mewujudkan target 2 juta vaksin per hari secara nasional.

“Kami menyasar keluarga kali ini tak lain untuk mencapai target kesehatan pulih dan ekonomi bangkit,” kata Askolani.

Sejauh ini, masyarakat Banyuasin yang telah menerima vaksin untuk Dosis 1 sebesar 11,71 persen, Dosis 2 sebesar 7,08 persen dan tenaga kesehatan (nakes) sebesar 30,9 persen.

Banyuasin Menjadi Daerah di Sumsel yang Pertama Kali Gelar Vaksinasi Berbasis Keluarga

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banyuasin dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin mencanangkan vaksinasi COVID-19 berbasis keluarga.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel Nopian Andusti mengucapkan selamat kepada Kabupaten Banyuasin yang menjadi pertama di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia sebagai penyelenggara pencanangan vaksinasi COVID-19 berbasis keluarga.

Saya telah memperhatikan baik di media soal, belum ada yang melakukan pencanangan vaksinasi COVID-19 berbasis keluarga, rata-rata saya perhatikan baru mau rapat persiapan. Tentu apresiasi luar biasa atas kinerja yang telah dilakukan Pemkab Banyuasin, kata dia.

Askolani menyampaikan program vaksinasi berbasis keluarga ini merupakan amanah dari Presiden Jokowi.

Program Vaksinasi Berbasis Keluarga di Banyuasin Memberikan 100 Dosis

Program Pemerintah yang berkaitan dengan masyarakat pastinya akan segera dilaksanakan, karena peran utama dari pemerintah adalah melayani masyarakat.

Kepala DP2KBP3A Yosi Zartini melaporkan bahwa vaksin yang diberikan berjumlah 100 dosis untuk 100 orang berbasis keluarga dari umur 12 tahun ke atas sampai lansia, ibu hamil, disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (DGJ) yang ada di Kecamatan Banyuasin I.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.