Satgas COVID-19 Bangka Jamin Ibu Hamil Terima Layanan Vaksinasi
Satgas Bangka Barat (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka gencar melakukan vaksinasi COVID-19 kepada ibu hamil. Pihaknya memastikan ibu hamil dengan usia kandungan lebih dari 13 minggu mendapatkan pemberian vaksinasi untuk mencegah risiko paparan virus corona.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Minggu, mengatakan vaksinasi bagi ibu hamil dengan usia kandungan 13 hingga 33 minggu, pemberian vaksin kepada ibu hamil ditetapkan dalam surat edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/I/2007/2021.

"Sesuai ketentuannya ibu hamil yang memperoleh layanan vaksin adalah dalam kondisi tekanan darah normal, tidak mempunyai gejala atau keluhan pre-eklampsia dan tidak sedang menjalani pengobatan," katanya.

Jenis Vaksin untuk Ibu Hamil

Dia mengatakan kalaupun ibu hamil yang memiliki hak vaksin namun memiliki komorbid maka yang bersangkutan harus dalam kondisi terkontrol.

"Jenis vaksin yang diperbolehkan untuk ibu hamil yakni jenis Sinovac, Moderna, dan Pfizer yang disesuaikan dengan ketersediannya," katanya.

Ibu Hamil Menjadi Prioritas Pemberian Vaksinasi COVID-19

Ibu hamil dengan usia kandungan dimaksud, kata Boy Yandra, sudah bisa melakukan registrasi vaksinasi di tempat layanan vaksin atau fasilitas kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

"Perlindungan bagi seorang ibu hamil mutlak kita upayakan, tidak ada alasan untuk menunda vaksin apabila sudah memenuhi syarat dan vaksin yang tersedia," kata Boy Yandra.

Dia menjelaskan ibu hamil merupakan salah satu target sasaran prioritas program vaksinasi COVID-19 untuk menekan angka risiko penularan bahkan kematian akibat COVID-19.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.