Pemkab Bangka Tengah Gencar Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik MA11
Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin (ANTARA/ahmadi)

Bagikan:

PALEMBANG- Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , gencar mengajak para petani di wilayahnya untuk memakai ppuk organik cair MA11. Dengan begitu diharapkan hasil panen bisa ditingkatkan dan biaya produksi dapat ditekan.

"Kita terus didorong melalui penyuluh agar para petani lebih banyak menggunakan pupuk organik cair MA11," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, dengan menggunakan pupuk organik MA11 para petani dapat menekan biaya produksi atau biaya operasional sebesar 30 hingga 40 persen jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia

"Produksi juga meningkat, dengan menggunakan pupuk MA11 dapat meningkat sekitar 20 hingga 30 persen dalam satu hektar tanaman pertanian, " ujarnya.

Petani di Bangka Tengah Bisa Mendapatkan Pupuk Organi MA11 dengan Mudah

Majidin mengatakan, petani tidak akan kesulitan mendapatkan pupuk organik MA11 karena Pemkab Bangka Tengah sudah mulai melakukan produksi dalam jumlah cukup banyak hingga mencapai puluhan ton.

"Jika petani ingin lebih hemat, mereka bisa melakukan pengomposan sendiri yang menghasilkan MA11, dimana cukup dengan menggunakan cairan MA11 yang dicampur dengan kotoran ayam sebanyak dua karung untuk 500 liter udara," ujarnya.

Hasil Panen Meningkat hingga 30 Persen dengan Menggunakan Pupuk Organik MA11

Sajidin mengaku sudah mencoba menggunakan pupuk organik MA11 untuk tanaman cabai merah miliknya.

"Bisa dicontoh, saya menggunakan pupuk organik MA11 mampu meningkatkan hasil panen sekitar 20 hingga 30 persen dibandingkan menggunakan pupuk kimia," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .