Bupati Bangka Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik untuk Menyuburkan Tanah
Bupati Bangka Mulkan (babel.antaranews.com/kasmono)

Bagikan:

PALEMBANG- Mulkan, Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghimbau petani di daerahnya agar melakukan proses penyuburan tanah menggunakan pupuk organik.

"Petani agar memperbanyak menggunakan pupuk organik karena cukup menyuburkan tanaman tanpa merusak sifat tanah," katanya di Sungailiat, Minggu menanggapi masih rendahnya penggunaan pupuk organik oleh petani.

Manfaat Penggunaan Pupuk Organik dalam Jangka Panjang

Pupuk organik sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan.

"Pupuk organik cocok digunakan untuk semua jenis tanaman mulai dari tanaman sayuran, padi maupun tanaman lain yang ditanam petani," jelas bupati.

Tenaga Penyuluhan Pertanian Diminta melakukan Sosialisasi kepada Petani

selama ini memilih pupuk kimia karena dianggap lebih cepat menyuburkan tanpa mengetahui akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan tanaman.

Padahal, penggunaan pupuk organik secara kontinyu akan menjaga keseimbangan sehingga meningkatkan efisiensi pupuk dan berdampak positif terhadap kesehatan tanah dan lingkungan

"Saya penciptaan tenaga penyuluh pertanian lebih gencar memberikan pemahaman dalam penggunaan pupuk organik yang mampu memperbaiki struktur tanah kondisi lingkungan tanah optimal untuk pertumbuhan tanaman," jelasnya.

Sektor di daerahnya ditetapkan sebagai sektor unggulan yang kedepannya diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa daerahnya memiliki potensi pertanian yang cukup luas. Lahan-lahan tersebut dapat dimanfaatkan dan dikelola menjadi perkebunan dan persawahan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .