OKU Timur Sumsel Raih Predikat Kabupaten Layak Anak
Kabupaten Layak Anak (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) didapatkan oleh Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia tahun 2021.

Hanafi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) OKU Timur, menyampaikan penghargaan KLA Tingkat Pratama yang diraih Pemkab OKU atas dedikasi dalam memenuhi hak dan kebutuhan anak di wilayah itu.

Kabupaten OKU Timur Memenuhi Kriteria Penyandang Predikat KLA

Menurut dia, penghargaan ini diberikan kepada Pemkab OKU Timur setelah diberikan melalui proses evaluasi oleh tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mulai dari administrasi hingga verifikasi di lapangan yang dilakukan secara bertahap.

Berdasarkan evaluasi dan pengungkit tim di lapangan, kata dia, Kabupaten OKU Timur memenuhi kriteria enam klaster dan 24 indikator sebagai daerah penilaian predikat KLA.

Enam klaster tersebut menunjukkan penguatan tentang dimana telah tersedia peraturan atau kebijakan daerah Kabupaten/Kota Layak Anak.

Kemudian, kluster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan dan kegiatan seni budaya serta hak perlindungan khusus.

Kabupaten Layak Anak adalah kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam kebijakan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Kriteria anak yang dimaksud adalah semua warga negara Indonesia sejak ia berada di dalam kandungan hingga usia 18 tahun.

Pemkab OKU Timur Akan Memberi Perhatian pada Pemenuhan Hak Kebutuhan Anak

Sementara itu, Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah Dibantu Sekda setempat, Jumadi menambahkan, dari 247 kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten OKU Timur termasuk daerah yang mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak tahun 2021.

"Dengan raihan penghargaan tersebut kedepan OKU Timur akan memberikan perhatian lebih untuk memenuhi hak dan kebutuhan anak seperti pendidikan sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang mengharumkan nama daerah," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .