Bupati Belitung Mulai Membagikan Bantuan Beras PPKM
Bupati Belitung Sahani Saleh lepas penyaluran bantuan beras (Antara/Kasmono)

Bagikan:

PALEMBANG - Sahani, Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , memulai pembagian donasi sebesar 56,3 ton untuk 5.634 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terkena dampak penerapan PPKM tingkat 4 di daerah itu.

"Hari ini sebanyak 56,3 ton disalurkan kepada masyarakat yang melalui PPKM," katanya usai melepas secara simbolis pemberian bantuan beras PPKM di halaman gudang Perum Bulog KCP Belitung di Tanjung Pandan, Senin.

Pemkab Belitung Bagikan Bantuan Bahan Pokok dan Obat-obatan

Menurut dia, bantuan beras tersebut merupakan program dari Kementerian Sosial dan disalurkan melalui Perum Bulog kepada masyarakat yang pelaksanaan PPKM di daerah itu.

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga menyiapkan skema bantuan lainnya sebagai pengaman sosial kepada masyarakat yang mewujudkan PPKM berupa bahan pokok dan obat-obatan.

"Kami sedang melakukan 'refocusing' sehingga dalam perubahan anggaran nanti akan direvisi," ujarnya.

Data Penerima Bantuan Beras PPKM di Belitung

Sementara itu, Kepala Perum Bulog KCP Belitung, Romi Victa Rose mengatakan jumlah penerima bantuan beras PPKM di daerah itu sebanyak 5.634 KPM terdiri dari program keluarga harapan (PKH) sebanyak 3.048 penerima dan bantuan sosial tunai (BST) sebanyak 2.586 penerima.

"Masing-masing KPM menerima 10 kilogram beras adapun jenis beras yang disalurkan merupakan jenis cadangan beras pemerintah (CBT) medium," katanya.

Romi menambahkan, bantuan dari beras tersebut langsung menuju kantor desa/kelurahan dan kemudian didistribusikan oleh petugas kepada penerima sehingga tidak ada kemungkinan.

"Pendistribusian dilakukan hari ini dan besok. Jadi dalam dua hari sudah selesai kemudian dilanjutkan untuk Kabupaten Belitung Timur," ujar Romi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .