Dua Jembatan Layang Akan Dibangun di Sumsel Menggunakan APBN Sebesar Rp330 Miliar
Kepala BBPJN Sumsel Kgs Syaiful Anwar. (ANTARA/Dolly Rosana/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Dua jembatan layang akan dibangun di Provinsi Sumatera Selatan. Balai Besar Pelaksaan Jalan Nasional Sumsel menggangarkan APBN senilai Rp330 miliar untuk proyek tersebut.

Dua flyover yang akan digarap di antaranya di Simpang Angkatan 66 atau Simpang Sekip di Kota Palembang dan Flyover di Patih Galung Prabumulih.

Kiagus Syaiful Anwar, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel , menyampaikan peletakan batu pertama pada pembangunan jembatan jembatan Simpang Sekip Ujung rencananya akan dilaksanakan pada November 2021 ini.

Untuk pembangunan jembatan layang Simpang Sekip Ujung, kata Syaiful, Pemerintah Kota Palembang dan Provinsi Sumsel telah melakukan pembayaran lahan yang menjadi tanggung jawabnya.

"Setelah pembayaran lahan selesai maka akan langsung kita lakukan ground breaking," kata dia.

Pembangunan Flyover Diharap Dapat Meningkatkan Kelancaran Distribusi Barang dan Jasa

Pembangunan flyover Sekip ini, dana yang disediakan mencapai Rp250 miliar, sementara pada tahun 2021 ini telah disiapkan sebesar Rp81 miliar.

Selain itu, lanjut Syaiful, pihaknya juga akan membangun jalan layang Patih Galung yang berlokasi di batas Kota Prabumulih-Simpang Belimbing Prabumulih.

Pembangunan jembatan layang Patih Galung ini juga merupakan salah satu kegiatan pendukung nasional, "kata Syaiful.

Dengan dibangunnya flyover Patih Galung tersebut, Syaiful berharap dapat meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa, demi meningkatkan kinerja sistem logistik nasional di Sumsel.

"Ini juga merupakan upaya pemerintah, untuk menambah kapasitas jalan yang dapat mengurai kemacetan dan waktu tempuh," ujar dia.

Nilai Kontrak Pembangunan Flyover di Sumsel

Untuk nilai kontrak pembangunan flyover mencapai Rp80 miliar, dengan struktur panjang 382,35 meter, yang terbagi dua yakni 77.638 meter panjang operasi arah Prabumulih dan 74.698 meter panjang operasi arah Kabupaten Muara Enim.

Ia mengungkapkan BBPJN Sumsel fokus dan berkomitmen melakukan pembangunan infrastruktur jalan nasional yang berada di Sumsel.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .