Pokdarwis Pulau Kemaro Palembang Kembangkan Wisata Kampung Air
Potensi wisata air di Kota Palembang belum dimanfaatkan maksimal. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Warga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Kemaro Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, mengembangkan objek wisata kampung air yang ada di daerahnya.

Masyarakat secara berkelompok dan pribadi berupaya membangun berbagai fasilitas pendukung objek wisata kampung air. Hal itu disampaikan oleh Ketua Kelompok Sadar Wisata, Asmadi di Palembang , Jumat.

Dia menjelaskan, fasilitas pendukung yang sedang dalam proses pembangunannya seperti tempat makan, kafe, wahana di lahan persawahan dan fasilitas lainnya.

Pokdarwis Akan Membuat Galeri Barang Antik di Pulau Kemaro

Kemudian, pihaknya juga berkeinginan membuat galeri barang antik di kampung air yang berfungsi sebagai tempat koleksi dan edukasi mengenalkan barang peninggalan sejarah.

Melalui upaya tersebut diharapkan kampung udara Pulau Kemaro bisa menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Palembang, kata ketua pokdarwis.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrial mendorong masyarakat di provinsi setempat menciptakan tempat wisata baru dengan memanfaatkan potensi alam, seni dan budaya daerah.

Akhir-akhir ini banyak tempat wisata yang diciptakan masyarakat baik secara berkelompok maupun perorangan.

Kota Palembang Mempunyai Banyak Potensi Wisata Air

Selain Kampung Warna Warni yang berhasil dikembangkan masyarakat Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir menjadi ekowisata terpopuler dan meraih piala API Award 2020, tempat wisata tersebut juga bisa diciptakan atau dikembangkan di tempat lain.

Sebagai contoh, di Kota Palembang memiliki banyak potensi wisata di wilayah kelurahan yang dapat dikembangkan, seperti kawasan permukiman penduduk di daerah aliran Sungai Musi dan Pulau Kemaro.

Potensi perairan kawasan tersebut jika dikemas menjadi ekowisata, dapat menjadi objek wisata unggulan yang dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Setelah adanya tempat wisata hasil pengembangan dari masyarakat, diharapkan semakin menjadi daya tarik bagi pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar daerah.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .