Pemkab Bangka Tengah Dongkrak Peran Pokdarwis dalam Menggeliatkan Wisata
Pemkab Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) akan semakin ditingkatkan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna menggencarkan kinerja sektor kepariwisataan.

"Peran Pokdarwis berbasis masyarakat terus kita tingkatkan untuk menjadi yang terdepan dalam menggeliatkan sektor kepariwisataan," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai menghadiri pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata di Koba, Senin.

Upaya Bupati Bangka Tengah Menggeliatkan Sektor Kepariwisataan

Bupati menjelaskan upaya untuk menggeliatkan sektor kepariwisataan membutuhkan strategi yang tepat dengan sumber daya manusia yang berkompeten.

"Pokdarwis kami dorong untuk mengambil peran tersebut, mempromosikan dunia kepariwisataan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya melaksanakan pelatihan tata kelola bisnis pariwisata yang sangat penting bagi anggota Pokdarwis sebagai tambahan ilmu agar mereka lebih berkompeten dalam membantu pemerintah menambah pemasukan daerah dari sektor kepariwisataan.

"Pelatihan ini juga dalam rangka mempersiapkan para kelompok sadar wisata yang mampu membina sejumlah desa wisata di daerah ini," ujarnya.

Dunia Kepariwisataan Memiliki Dampak pada Sektor UMKM dan Infrastruktur

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kabupaten Bangka Tengah Zainal mengatakan pelatihan tersebut untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan penting dalam upaya menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di daerah itu.

"Dunia kepariwisataan ini memiliki dampak terhadap sektor yang lainnya di antaranya sektor UMKM, juga sektor infrastruktur fisik," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.