Dinas Pariwisata Palembang Dorong Warga Ciptakan Wisata, Menggali Potensi Alam dan Budaya
Jembatan Ampera Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Masyarakat Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, diajak oleh Dinas Pariwisata setempat untuk aktif dan kreatif menciptakan tempat wisata baru. Caranya yakni dengan memanfaatkan potensi alam, seni dan budaya local di wilayah masing-masing.

"Sekarang ini banyak tempat wisata yang diciptakan masyarakat baik secara berkelompok maupun perorangan, kreativitas warga kota ini akan terus diasah sehingga bisa tumbuh tempat wisata baru yang menarik," kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang Sulaiman Amin di Palembang, Minggu.

Menurut dia, Bumi Sriwijaya memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan, seperti kawasan permukiman penduduk dengan menawarkan rumah adat untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Dengan adanya tempat wisata yang diciptakan dan dikembangkan warga kota ini diharapkan semakin banyak objek wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan agar mereka tertarik berkunjung," ujarnya.

Objek Wisata Andalan Kota Palembang

Selain mendorong tumbuhnya tempat wisata baru, pihaknya juga terus berupaya melakukan pembenahan sejumlah objek wisata andalan di kota yang dikenal dengan makanan khas pempek itu.

Objek wisata andalan, seperti Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Bukit Seguntang, Sungai Sekanak Lambidaro, dan objek lainnya perlu dibenahi sehingga bisa lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

Kunjungan Wisata Kota Palembang

Untuk membenahi objek wisata di kota ini, pihaknya menyesuaikan dengan kemampuan anggaran serta meminta dukungan Kemenparekraf.

Melalui upaya tersebut diharapkan semakin banyak pilihan tempat wisata menarik serta mewujudkan target kunjungan wisatawan pada 2022 ini sekitar 1,5 juta orang, ujar Kadis Pariwisata.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel. Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.