Modus Penipuan Penggalangan Dana Palestina, Umi Pipik Menceritakan Kronologinya di Medsos
Umi Pipik (Foto: IG @_ummi_pipik_)

Bagikan:

PALEMBANG - Penggalangan dana di Palestina mulai muncul di mana-mana. Namun sayangnya, masih ada oknum yang memanfaatkannya untuk modus penipuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Mereka mencari celah dengan memanfaatkan kelalaian penggalang dana, salah satunya  Umi Pipik . Istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori ini justru mengalami penipuan dari seseorang tak dikenal.

Pemilik nama lengkap Pipik Dian Irawati membagikan modus penipuan yang dialaminya. Dia mengunggah layar layar dengan penipu di akun Instagram @_ummi_pipik_ yang terverifikasinya pada 17 Mei 2021. 

"Ya Allah ya rabb koq masih ada lho yg tega mau menipu ... saya sdh cek di mutasi rekening dan tdk ada yg transfer dgn nominal ini, semoga yg punya niat menipu ini sadar bahwa ini uang utk kemanusiaan padahal ini uang umat utk saudara2 di Palestina, mohon utk semuanya hati-hati ya dengan penipuan ini .., "tulis Umi Pipik di kolom keterangan. 

Kronologi Penipuan Penggalangan Dana untuk Palestina Terhadap Umi Pipik

Dilihat dari tangkapan layar yang diunggah Umi Pipik, penipuan itu berawal dari penipu yang menghubunginya karena sudah memberikan sejumlah uang. Si penipu yang mengaku kasih menyetorkan uang Rp500 ribu untuk didonasikan sebagai bantuan terhadap Palestina .

Rupanya, si penipu beralasan transfer uang hingga mencapai nominal Rp5,5 juta. Jadi si Penipu akan meminta ganti rugi Rp5 juta.

Tak langsung percaya, Umi Pipik kemudian melakukan pengungkit terhadap rekening yang dikirimkan si penipu. Hasilnya, ia tak menemukan bukti transfer seperti yang dikirimkan si penipu.

"Saya sdh cek di mutasi rekening dan tdk ada nominal transfer yg ini," Umi Pipik mengungkapkan.

Umi Pipik Membagikan Mudos Penipuan Penggalangan Dana untuk Palestina

Umi Pipik membagikan pengalaman modus penipuan ini menjadi viral dan menjadi waspada bagi penggalang dana yang lain. "Maaf saya harus berbagi karena takutnya dia mencoba melakukan hal yang sama ke yg lainya..nmr wa nya sdh disimpan oleh admin saya ... Mohon maaf sekali lagi," tulisnya. 

"kloter pertama sdh saya serahkan amanahnya Rp130.396.744,68 alhamdulilaah ya berarti total donasi kloter 1 dan kloter ke 2 sudah mencapai Rp244.975.461,68, barakallahu fiikuna utk semuanya," tulis Umi Pipik. 

Dalam unggahan yang lain, Umi Pipik bersyukur karena banyak followernya yang bersedia berdonasi untuk Palestina. Rabu, 19 Mei, Umi Pipik memberikan update penggalangan dana yang dia lakukan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .