Harga Daging Sapi di Baturaja Sumsel Melonjak, Capai Rp164.000 Per Kilogram
Harga daging di Baturaja Sumsel naik drastis menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, Senin. (ANTARA/HO/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Harga daging sapi melonjak drastis di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Kenaikan tersebut terjadi di sejumlah pasar tradisional Baturaja. Harga daging sapi yang seblumnya Rp120.000 / Kg kini menjadi Rp164.000 per kilogram.

"Kenaikan harga daging sapi saat ini sangat fantastis," tutur seorang pedagang daging di Pasar Baru Baturaja yang bernama Marta, Senin, 3 Mei.

Ia mengungkapkan kenaikan harga daging sapi yang disebabkan oleh meningkatknya permintaan masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Stok Daging Sapi Selama Ramadan Terbatas

Sementara persediaan daging di pasar sangat terbatas karena tidak ada penambahan stok dari agen di luar OKU .

"Di OKU ini tidak ada rumah potong hewan (RPH) sehingga kami hanya mengandalkan pengiriman daging dari luar daerah seperti Palembang dan Ogan Ilir," katanya.

Harga Daging Sapi Akan Terus Naik Hingga H-5 Idulfitri

Hal senada dikatakan Herman, pedagang lainnya menambahkan daging harga tulang juga saat ini melonjak tajam dari Rp80.000 per kilogram kini menjadi Rp130.000 / kg.

"Pada H-5 lebaran nanti bisa terjadi, karena masyarakat mulai mencari daging. Biasanya harga daging sapi akan kembali normal setelah lebaran," ujarnya.

Ia memperkirakan kenaikan harga daging sapi akan terus berlanjut hingga H-5 Idulfitri. Untuk harganya bisa mencapai Rp200.000 / Kg

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.