KLHK Hadirkan Festival Peduli Sampah Nasional 2021, Diselenggarakan Secara Virtual
Tangkapan layar - Dirjen PSLB3 Rosa Vivien (kedua kiri) dalam peluncuran Festival Virtual Peduli Sampah Nasional 2021 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sedang gencar mengedukasi masyarakat tentang kesadaran lingkungan dan pengelolaan sampah. Untuk merealisasikannya, pihaknya menluncurkan Festival Peduli Sampah Nasional 2021 yang digelar secara virtual.

“Hari ini KLHK mempergunakan teknologi untuk memperkenalkan cara mengelola sampah dengan cara pameran tapi virtual,” tutur Rosa Vivien Ratnawati, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati, dalam pengelolaan sampah , Senin, 3 Mei.

Dalam pameran itu akan membaca bagian tiga bagian dari pengelolaan sampah dari hulu yaitu salah satu yang salah tentang tentang pengurangan sampah oleh industri dengan mendesain ulang kemasan agar didaur ulang serta penarikan kembali sampah produk.

Festival Sampah nasional Soroti Pengelolaan Limbah oleh Masyarakat

Selain itu pameran virtual itu juga akan menarik usaha pengelolaan sampah oleh masyarakat seperti dalam bentuk bank sampah dan pemanfaatan sampah oleh publik dengan mengolahnya menjadi kompos.

Vivien juga menjelaskan bahwa dalam festival itu akan memberikan gambaran tentang proses hilir pengolahan sampah seperti memberikan contoh tempat pembuangan akhir (TPA) yang baik dan menggunakan teknologi untuk mengolah sampah menjadi energi.

Cara Mengkuti Festival Peduli Sampah Nasional 2021

Acara itu sendiri akan berlangsung selama enam bulan sejak posisinya dan karena itu dia mengajak segala pihak untuk terlibat dalam pelaksanaannya untuk terlibat sebagai salah satu peserta festival.

"Semoga bisa mengedukasi masyarakat dan perilaku, kemudian gaya hidup juga bisa berubah semenjak itu," kata Vivien.

Bagi yang ingin melihat Festival Peduli Sampah Nasional 2021 tersebut, bisa diakses secara online melalui situs https://www.fpsn2021.com/ .

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .