Bangka Barat Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Bersinergi dengan Pariwisata, Pulihkan Ekonomi Daerah
Perfilman menjadi salah satu usaha ekonomi kreatif yang ada di Bangka Barat. (ANTARA/ Dok.pribadi)

Bagikan:

Pemkab Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mendorong para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk bersinergi dengan sektor wisata. Arahan tersebut bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di daerah.

"Mulai tahun ini kami akan mencoba melakukan beberapa gerakan agar bisa mendukung tumbuh kembang ekonomi kreatif sehingga ke depan bisa ikut mendukung gerak pembangunan, khususnya sektor pariwisata daerah," tutur Bambang Haryo Suseno, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Selasa, 13 April 2021, di Mentok.

Ia juga mengungkapkan, pelaku ekonomi kreatif sudah bergeliat sejak beberapa tahun terakhir. Namun kehadiran mereka belum diberi fasilitas dengan baik. Keterlambatan fasilitasi tersebut karena pemerintah daerah sedang mengalami beberapa keterbatasan saat ini.

Pemkab Telah Mendata dan Mengelompokkan Pelaku Ekonomi Kreatif

Ia mengatakan upaya mewujudkan program tersebut telah dimulai sejak tahun lalu. Pemkab telah mengambil data dan mengelompokkan para pelaku ekonomi kreatif. Setelah itu, nantinya mereka akan diberi, pendampingan, pembinaan, dan fasilitasi.

"Kami juga akan mengusulkan adanya penambahan bidang ekonomi kreatif di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, agar perencanaan pengembangan semakin terukur dan lebih terarah," katanya.

Usaha Ekonomi Kreatif Telah Unggul di Beberapa Bidang

Lebih lanjut, ia menuturkan saat ini sudah ada beberapa sektor usaha ekonomi kreatif yang mulai bergerak, di antaranya periklanan, perfilman, industri musik, festival, pameran, desain, arsitektur dan lainnya.

Sektor-sektor tersebut mampu menarik antusias masyarakat setempat, terlebih generasi milenial.

Kreativitas para pemuda diyakini ke depan akan mampu bersaing di pasar nasional dan internasional.

"Sampai saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha ekonomi kreatif di Bangka Barat yang terbukti mampu bersaing bahkan unggul di dalam beberapa bidang tersebut," katanya.

Dengan pembinaan yang lebih terarah dan terukur diyakini ke depan ekonomi kreatif akan mampu mendukung gerak pembangunan pariwisata dan secara bertahap membantu memulihkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.