Sandiaga Uno Berkunjung ke Pangkalpinang, Resmikan Ruang Kreatif untuk Dongkrak Pariwisata
Sandiaga Uno resmikan ruang kreatif di Pangkalpinang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), tiba di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung meresmikan Ruang Kreatif di provinsi tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi ruang melati dan galeri serta ruang kreatif ini," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan belajar dari ruang kreatif yang telah dibangun Kemenparekraf dimulai dari Bali, Labuan Bajo, dan daerah lainnya, yang kuncinya bukan dari inisiatornya, tetapi dukungan dari komunitas, pelaku UMKM di daerah tersebut.

"Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi sudah menginisiasi Ruang Kretif Babel ini dan tongkat estafetnya ada komunitas yang harus meramaikan serta memastikan kegiatan mingguan, bulanan dan kegiatan internasional tahunan yang ada di daerah ini," ujar Menparekraf.

Ruang Kreatif Pangkalpinang untuk Meningkatkan Pariwisata dan Seni

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Ruang Kretif Melati ini untuk mengolah seni dan kreativitas masyarakat untuk meningkatkan pariwisata di daerah ini.

"Kita sangat beruntung mendapatkan ruang khusus untuk mengolah seni dan kreativitas masyarakat," kata Gubernur Erzaldi.

Gerakan Kreatif Pemkot Pangkapinang Mendirikan Ruang Kreatif

Menurut dia, gerakan kreatif untuk meningkatkan pariwisata ini sangat didorong oleh pemerintah pusat,  khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), guna meningkatkan pariwisata di Indonesia, terutama di Bangka Belitung. 

"Berdasarkan data, UMKM menyumbang keterlibatan tenaga kerja di atas 93 persen secara nasional, artinya jika kita tidak memperhatikan hal ini tentunya kita akan tertinggal," ujar Gubernur Erzaldi. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.