Dirbinmas Polda se-Sumatera Musyawarahkan Pengamanan Swakarsa di Hotel Berbintang Palembang
Kegiatan Mabes Polri sosialisasikan Perpol No.4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa ke Dirbinmas Polda se-Sumatera di Palembang, Senin (12/4) (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Bagikan:

Brigjen Pol. Edy Murbowo , Direktur Binpotmas Korbinmas Baharkam Polri , memimpin rapat pembahasan swakarsa yang diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020.

Rapat tersebut dihelar pada Senin, 12 April 2021, di salah satu hotel berbintang di Palembang. Pembahasan pengamanan swakarsa dalam kegiatan sosialisasi Perpol No.4 Tahun 2020.

Brigjen Pol. Edy melakukan musyawarah bersama Dir Binmas Polda se-Sumatra , di antaranya Jambi, Sumsel , L ampung, Bangka, Bengkulu, Belitung, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat , Aceh, dan Sumatera Utara.

Ia menyampaikan bahwa Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo telah m engeluarkan aturan terbaru mengenai Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa).

Isi Perpol No.4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa

Perpol No.4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa menjadi dasar reformasi satuan pengaman di Indonesia.

Lebih lanjut ia menilai , peraturan soal satpam telah mengalami banyak perubahan dibandingk dengan peraturan kapolri (Perkap) No.24 Tahun 2007 yakni Tentang pengertian satpam, perekrutan, status ketenagakerjaan, jenjang karir, pakaian seragam, perkumpulan dan lainnya telah berubah.

Satpam Berbeda dengan Satkamling

Hal yang penting dalam Perpol No.4 Tahun 2020 yang berubah adalah tugas satpam telah berbeda dengan satkamling. 

Satpam merupakan satuan atau kelompok profesi pengemb an fungsi kepolisian terbatas nonyustisial yang direkrut sesuai ketentuan Polri . Peserta yang mendaftar pada profesi ini akan mendapatkan pendidikan satpam dan saya nerima kartu tanda anggota (KTA) , serta saya nyandang status ketenagakerjaan. 

Aturan terbaru menyebutkan bahwa satpam saat ini sudah dianggap sebagai profesi . Sebelumnya melaksanakan tugas harus lulus pelatihan wajib gada pratama / gada madya / gada utama, ujar Brigjen Pol Edy.

Wakapolda Sumsel Menjadi Tuan Rumah Sosialisasi Perpol No.4

Sementara Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol.Rudi Setiawan, pihaknya kasih kepada APSI dan Mabes Polri yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk menjadi tuan rumah pada acara sosialisasi

 "Perpol No.4 Tahun 2020" wilayah Sumatera. 

Kami mengucapkan selamat datang di Palembang kepada Brigjen Pol.Edy Murbowo beserta para Dir Binmas Polda se-Sumatra, Ketua Abu Japi Agus Darmawan, Ketua Apsi Pusat Abdul Aziz, ”ujar wakapolda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .