Produk Unggulan Khas Belitung Timur Disiapkan Jelang G20, Tawarkan Nilai Kearifan Lokal
Rapat Koordinasi persiapan G20 Belitung Timur (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Produk unggulan khas lokal disiapkan oleh Pemkab Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rangka menyambut perhelatan DWG G20. Tuan rumah akan mempromosikan produk-produk yang memiliki nilai kearifan lokal.

Ikhwan Fahrozi, Sekda Pemkab Belitung Timur, yang hadir dalam rapat persiapan Presidensi G20 pada 7-9 September 2022, mengatakan bahwa Kabupaten Belitung Timur juga ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan internasional tersebut.

"Berbagai persiapan sudah kami lakukan, termasuk inventarisasi terhadap produk unggulan lokal yang bisa dikenal kepada tamu G20," kata Ikhwan Fahrozi di Manggar, Selasa.

"Sebagai tuan rumah, tentu persiapan harus matang karena ini adalah momentum tingkat internasional dan jadi momentum bagi kita untuk mempromosikan daerah ke dunia internasional," katanya.

Produk Unggulan Daerah Belitung Disiapkan Menyambut G20

Sekda menjelaskan, di antara produk unggulan daerah yang memiliki kearifan lokal juga bagian dari kekayaan intelektual daerah yaitu Sepen Buding, Sepen Penyok, Rudat, Hadrah Gendang Empat, Lesong Ketintong, Antu Bubu, Nirok Nanggok, Gangan Buntal Darat, Gangan, Emping Beras, Mi Rebus Belitong, Pumpuk Menggale, Pincang Pisang,

Kemudian, Jemput-Jemput, Aruk Gelagau, Serawe, Bebanjor, Angkup, Limpar Karet, Meletik Karet, Kepala Antu, Kepala Ular, Bula Cibok, Keritekkan, Tukar Batang, Pong-Pong Alu, Terumpet Kelapak, Kipas Bua Karet, Bubor Nunu dan Penyurong.

"Selan itu kita juga menawarkan paket wisata unggulan yang memiliki keunikan dan sudah dikenal dunia," katanya.

Tiga Destinasi Wisata Unggulan di Belitung Disiapkan Menyambut G20

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur, Evi Nardi mengatakan sudah menyiapkan tiga destinasi wisata unggulan, untuk dikunjungi para tamu dalam kegiatan presidensi G20 pada 7-9 September 2022.

"Tiga kawasan wisata unggulan itu sudah kita benahi, semua fasilitas pendukung dilengkapi," katanya.

Ia menjelaskan tiga kawasan wisata tersebut adalah Open Pit Namsalu, Burung Mandi dan Pulau Bukulimau.

"Tetap ada pertemuan tingkat menteri pembangunan anggota G20 di Belitung dan akan mengunjungi tiga lokasi wisata di Kabupaten Belitung Timur," katanya.

Menurut dia tiga delegasi wisata itu akan dikunjungi para wisatawan dalam kegiatan G20 dan destinasi wisata tersebut memiliki nilai sejarah dan budaya.

"Tiga objek wisata itu adalah destinasi wisata geosit yang memiliki rantai sejarah yang cukup panjang," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.