Kementerian LHK Berikan Penghargaan Nirwasita Tantra kepada Pemprov Babel
Penghargaan Nirwasita Tantra (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penghargaan Nirwasita Tantra didapatkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena keberhasilan pemerintah daerah dan masyarakat melindungi lingkungan hidup. Penghargaan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Ridwan Djamaluddin, Pejabat Gubernur Kepulauan Babel, menyampaikan Nirwasita Tantra atau Green Leadership ini merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kepala daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu, respons kebijakan kepala daerah dalam mengatasi masalah lingkungan hidup, serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam menanggapi masalah lingkungan hidup di daerahnya.

"Alhamdulillah, Babel berhasil Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021," kata Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Kamis.

"Penghargaan ini tidak semata-mata menjadi akhir cerita, melainkan awal dari sebuah amanah sebagai wujud tanggung jawab untuk membuktikan bahwa penghargaan ini memang pantas kita terima,".

Pemprov Bangka Belitung Ajak Semua Elemen Bersinergi Melakukan Pelestarian Lingkungan

Ia berharap melalui penghargaan ini semua elemen bersinergi mulai dari kepala daerah di tingkat provinsi, maupun kabupaten/ kota untuk menerapkan prinsip  green leadership  dalam rangka mewujudkan kebijakan dan program daerah yang holistik.

"Semua kebijakan maupun program pemerintah akan lebih terintegrasi dalam percepatan perbaikan kualitas lingkungan hidup," katanya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pemerintah serta DPRD  tingkat kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga meraih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang, serta DPRD Kabupaten Bangka Tengah dan DPRD Kota Pangkalpinang yang juga meraih penghargaan yang sama," ujarnya.

Pemberian Penghargaan Nirwasita Tantra

Ia menambahkan penganugerahan penghargaan yang telah dimulai sejak 2016, dicatat sebagai latar belakang 1.137 proposal penerima penghargaan yang terdiri dari 145 proposal dari tingkat provinsi, 691 proposal dari tingkat kabupaten dan 301 proposal dari tingkat kota.

"Pada tahun ini diberikan penghargaan kepada tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.